9+ Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Wolfis Sebagai Gamis Syar’i

Bahan Kain Wolfis (Woolpeach) merupakan salah satu jenis bahan kain yang terbuat dari campuran sutra, katun dan tambahan serat sintetis.

Pada awalnya bahan kain wolfis ini berasal dari kata woolpeach, berubah menjadi wolfis karena telah tersublimasi oleh lidah orang Indonesia. Umumnya bahan wolfis ini mempunyai ketebalan dibawah bahan jersey, sehingga sedikit lebih ringan dan tipis. Meskipun seperti itu, kain woolpeach mempunyai kelebihan tidak tembus pandang.

Bahan Kain Wolfis atau Woolpeach itu Seperti Apa?

picbon.com

Meskipun bahan kain ini relatif lebih ringan dan tipis namun memiliki kelebihan tidak tembus pandang. Jadi tidak membuat penggunanya was-was. Karakteristiknya yang adem, ringan, tidak transparan serta halus menjadikan kain ini pas dan sesuai jika digunakan di daerah tropis seperti di Indonesia.

Dibandingkan dengan kain jenis lainnya seperti katun, chiffon, sutera dan lainnya, warna printing pada bahan woolpeach tersebut lebih hidup. Konveksi kaos terbaik banyak yang menggunakan  bahan kain ini untuk membuat busana muslim.

Ciri-ciri Bahan Kain Wolfis dan Karakteristiknya

Bahan kain yang banyak digunakan untuk membuat busana muslim atau muslimah ini mempunyai ciri-ciri dan karakteristik kain yang istimewa. Serta tidak dimiliki oleh bahan kain pada umumnya, diantara karakteristik dan ciri-ciri kain wolfis yaitu:

  • Mempunyai serat halus dan rapat
  • Bahan kain tebal tetapi ringan
  • Bahan wolfis terasa nyaman saat dikenakan karena tidak panas
  • Kain woolpeach tidak mudah kusut
  • Kain woolpeach tidak transparan
  • Kain woolpeach tidak licin
  • Kain woolpeach mudah disetrika, tetapi harus tetap berhati-hati karena bahan wolfis tidak tahan panas.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Wolfis atau Woolpeach

hargakain.xyz

Setelah mengetahui banyak mengenai bahan wolfis, ada baiknya kita juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan kain wolfis.

Sehingga sekiranya ada diantara anda yang memiliki keterampilan menjahit serta merancang busana muslimah, mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kain wolfis merupakan hal penting.

Kain Lebih Halus

Kelebihan yang paling utama dan mendasar dari bahan wolfis yaitu sifatnya yang halus dan lentur. Permukaan kain yang halus tersebut menimbulkan rasa lembut pada kulit pada saat dipakai akan terasa nyaman. Terlebih untuk muslimah yang sehari-hari memakai busana besar dan menutup aurat.

Kain Tidak Mudah Kusut

Memakai busana muslimah berbahan kain wolfis ini tidak memerlukan perawatan khusus. Merawat busana muslimah menjadi lebih mudah karena sifat dasar kainnya yang tak mudah lecek serta kusut.

Baca Juga Desain Dapur Cantik

Bahan Kain Tebal dan Tidak Transparan atau Nerawang

Tujuan menggunakan baju muslimah adalah menutup segala anggota tubuh yang termasuk dalam klasifikasi aurat. Termasuk dengan lekukan anggota tubuh yang dapat terbayang menjadi aurat.

Semua kekhawatiran tersebut akan hilang karena dengan menggunakan pakaian berbahan wolfis, karena sifat kainnya yang tebal dan tidak panas.

Bahan Kain Wolfis yang Ringan

Walau bahan kain tebal namun bahan ini tetap bermassa ringan jadi tidak merepotkan saat ingin mencucinya.

Harga Bahan Kain Wolfis Terjangkau

Bahan kain ini dijual pasaran secara online maupun offline dengan harga terjangkau, jadi bisa dibeli oleh berbagai kalangan.

Memiliki Banyak Pilihan Warna

Banyaknya pilihan warna yang ditawarkan maka akan membuat wanita lebih tertarik untuk mengenakannya. Adanya banyak pilihan warna tersebut juga membuka peluang lebar terhadap penjahit dan desainer busana.

Bahan Kain Bukan Barang Langka

Banyaknya penggemar busana yang memakai bahan ini membuat para produsen memproduksi jumlah bahan kain ini lebih banyak pula.

Bukan itu saja, para produsen tersebut juga membuat bahan kain ini dalam berbagai jenis dan kualitas.

Terlalu Banyak Tingkat Ketebalan Pada Bahan Kain Wolfis

Bahan kain terdiri dari berbagai jenis kualitas dan tingkat ketebalan berbeda-beda, dari bahan kain yang tebal sampai bahan yang tipis hampir transparan. Maka kita harus cukup jeli dalam memilih saat akan membeli.

Apakah dengan bahan yang anda beli itu sudah cukup untuk membuat pakaian yang akan digunakan atau masih kurang dan terlalu tipis.

 

Demikian sahabat muslimah, semoga kita selalu bisa istiqomah mengenakan pakaian yang sesuai dengan syariat islam.

 

Kepoin yukk!!