khasiat bunga saffron

√11+ Manfaat Tersembunyi Bunga Saffron Sebagai Herbal & Rempah Terbaik di Dunia

Manfaat Bunga Saffron Sebagai Rempah Paling Mahal di Dunia

Banyak yang belum tahu apa itu Bunga Saffron dan apa saja Manfaat Bunga Saffron? Kenapa harganya sangat mahal? Apakah Anda termasuk dari golongan masyarakat seperti yang saya sebut di atas dan ingin mengetahui Bunga Saffron.

Memang bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia belum banyak mengenal Bunga Saffron ini, dan namanya juga belum cukup populer  seperti di negara-negara lain.

Mungkin karena rempah-rempah di Indonesia sudah cukup banyak untuk menambah cita rasa masakan. Jadi tidak perlu lagi menggunakan bunga sebagai rempah-rempah.

Perlu Anda ketahui, di berbagai negara lain banyak yang menggunakan Bunga Saffron sebagai rempah penambah cita rasa masakan. Nama Bunga Saffron pun cukup populer bahkan me-legenda di negara-negara tersebut.

Mengenal Bunga Saffron

khasiat bunga saffron

liputan6.com

Bunga Saffron (Crocus Sativus) merupakan sejenis tanaman rempah dan herbal, orang-orang Melayu biasa menyebutnya bunga kuma-kuma. Tanaman bunga herbal ini berasal dari Asia bagian Barat Daya, Iran merupakan produsen utama dari tanaman ini.

Dibanding jenis rempah-rempah lainnya Saffron menjadi rempah yang belum populer namanya karena harganya yang mahal dan langka. Tapi saat ini Saffron menjadi rempah dengan harga tertinggi di dunia, hal itu dikarenakan oleh banyaknya manfaat pada putik benang sari Saffron.

Saffron berbentuk bunga indah yang mempunyai mahkota berwarna ungu, tetapi hanya putik benang sarinya saja yang digunakan. Mempunyai rasa yang khas sedikit pahit dan beraroma seperti iodoform atau rumput kering. Itulah yang menjadikan Saffron berbeda dengan rempah yang lain pada umumnya berupa umbi, daun atau batang.

Baca juga manfaat dari Buah Naga. 

Ketika digunakan, putik bunga yang berwarna ungu ini akan membuat masakan/air rebusan menjadi berwarna kuning keemasan. Tidak hanya sebagai rempah makanan saja, tapi bunga ini juga bermanfaat sebagai obat herbal yang ampuh. Apa saja? penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Bunga Saffron

tanaman bunga saffron

pexels.com

Bunga Saffron (Crocus Sativus) mempunyai beberapa jenis yang berbeda. Namun pada umumnya semua sama, dari segi manfaat dan kegunaannya yaitu sebagai penyedap makanan serta obat herbal. Hanya saja tiap bunga saffron memiliki karakteristik tertentu yang khas dan unik.

Ada yang sangat langka dan cukup sulit ditemukan, dari kualitasnya yang unggul, serta yang aromanya tidak terlalu kuat. Setidaknya ada 5 jenis bunga saffron yang umumnya dipakai untuk menyedapkan makanan.

Saffron Negin

Saffron jenis Negin adalah termasuk dalam jenis saffron yang paling premium atau kelas utama. Dari perawatannya yang ekstra dan manual harus dengan tata cara menanam yang professional. Dari segi manfaat, saffron jenis ini sangat bagus, harganya pun juga tidak kalah luar biasa.

Hal tersebut dipengaruhi oleh jumlahnya yang tidak banyak di dunia, cukup sulit mendapatkan jenis Negin ini karena hanya ada di beberapa negara di dunia.

Saffron Sargol

Saffron jenis Sargol memiliki ciri yang cukup berbeda dengan yang lain, kualitasny sebagai penyedap makanan juga tidak kalah bagus dengan jenis Negin. Saffron Sargol memiliki ujung berwarna merah tua. Yang membedakan dengan jenis lainnya yaitu aromany yang lebih kuat serta warnanya yang merekah.

Tekstur jenis Sargol sangat bagus dan kuat sehingga akan lebih terasa jika digunakan pada masakan.

Saffron Pushal atau Mancha

Saffron jenis ini hanya ditanam sampai ketinggian tertentu yaitu hanya sampai 1-3cm saja lalu dipanen. Jenis Saffron Pushal memiliki kualitas yang bagus, tapi tidak sebagus Negin. Meskipun begitu banyak orang yang lebih memilih membeli dan menggunakan jenis pushal ini, untuk memastikan validitas serta originalitas rasa.

Saffron Khooshe atau Bunch

Selanjutnya jenis Saffron Khooshe atau Bunch, yang memiliki kualitas dibawah dari jenis saffron pushal. Bentuk tumbuhannya berwarna merah kuat dengan mahkota yang terlihat lebih penuh. Tekstur yang dimiliki jenis ini juga tak sebaik jenis negin dan sargol, begitu pula dari warna putik yang dikeluarkan serta aroma yang kurang. Untuk kemanfaatan jenis saffron ini mungkin juga lebih sedikit dibanding yang lain.

Saffron Konj atau Konge

Jenis Saffron selanjutnya yaitu Saffron Konj atau Konge, memiliki kualitas yang standar bahkan bisa dibilang yang rendah. Meskipun begitu manfaat bagi kesehatan jenis Konj ini tidak kalah bagus dengan jenis yang lain. Cuma karena warna dan aroma yang ditimbulkan jenis saffron ini tidak terlalu kuat, jadi tidak banyak digunakan untuk penyedap makanan.

Putik Bunga Saffron Menjadi Rempah Termahal di Dunia

manfaat bunga saffron

flonimal-nesia.blogspot.com

Setelah mengetahui dan mengenal tentang Bunga Saffron yang banyak bermanfaat untuk rempah di berbagai negara. Serta jenis-jenis bunga saffron yang mempunyai kualitas bagus kira-kira berapakah harga bunga saffron?

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa bunga saffron memiliki harga jual yang sangat tinggi dan menjadikannya rempah serta obat herbal dengan harga termahal di dunia. Bisa Anda bayangkan biasanya rempah yang digunakan sehari-hari terbilang sangat murah bukan? Sebagai contoh cabai, bawang, lada, merica, jahe, dan lain lain.

Harga bunga saffron telah mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Pasti Anda bertanya-tanya kenapa harganya bisa semahal itu dibanding tanaman rempah yang lainnya? Memang tidak salah jika harga bunga saffron sampai semahal itu. Karena manfaat bunga saffron yang sangat banyak serta sulitnya proses menanam bunga ini.

Selain itu perawatan, pemanenan bunga saffron juga membutuhkan teknik tertentu. Tidak semua lahan bisa ditanami bunga ini, dan saffron hanya mekar selama satu minggu pada saat musim gugur.

Harganya yang mahal tersebut juga dipengaruhi oleh banyaknya putik pada bunga saffron. Disetiap bunga saffron hanya memiliki 3-4 putik saja, padahal yang bisa digunakan dan bermanfaat adalah putik itu sendiri.

Proses perawatan yang rumit juga mempengaruhi harga bunga saffron, butuh sekitaran 6 jam sehari untuk mengurus bunga saffron. Dimulai dari pagi subuh untuk memetik bunganya. Setelahnya petani harus mengeringkan bunganya agar dapat digunakan sebagai rempah dan herbal.

Menurut informasi dari petani bunga saffron, untuk mendapatkan 450gr putik bunga saffron kering, dibutuhkan 74000 bunga. Dengan perawatannya yang tidak mudah, Anda bisa membayangkan betapa lelahnya memanen bunga saffron untuk 1kg bunga saffron kering.

Manfaat Bunga Saffron Untuk Makanan

manfaat bunga saffron

Bunga Saffron bermanfaat sebagai rempah alami yang sudah terkenal. Nasi Biryani India dan Paella ala Spanyol merupakan contoh masakan dengan rasa yang khas dengan menggunakan rempah dari bunga saffron.

Oleh sebab itulah jika Anda membeli nasi biryani atau paella biasanya dijual dengan harga yang tidak murah. Karena bahan masakannya menggunakan rempah paling mahal dan sulit dicari dengan harga selangit.

Negara India dan Iran merupakan penghasil saffron terbanyak saat ini. Hal tersebut dikarenakan makanan khas dari negara itu membutuhkan saffron untuk bumbunya. Wajar kalau banyak dari warga mereka bertani bunga saffron dan memproduksinya dalam jumlah besar.

Di Indonesia sendiri bunga saffron tidak terlalu populer namanya seperti di negara lain. Salah satu faktor utamanya yaitu lahan yang tidak tersedia dan cuaca yang tidak sesuai. Hal itu juga yang membuat harga bunga saffron di Indonesia menjadi semakin mahal dari negara lain.

Bahan Pewarna Makanan Alami

manfaat bunga saffron untuk pewarna makanan

Manfaat bunga saffron terutama yaitu sebagai bahan makanan dan bumbu penyedap/rempah. Bunga saffron menghasilkan warna kuning pada makanan, maka dari itu sering juga bunga ini dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Salah satu contoh bunga saffron dijadikan sebagai rempah makanan yaitu pada nasi biryani, dan telah populer di India.

Rempah Penyedap Makanan yang Alami

Di daratan Eropa bunga saffron juga sudah mulai populer, di Yunani dan Spanyol contohnya. Selain nasi biryani di India, bunga saffron juga dapat Anda temukan di masakan paella di Spanyol. Paella adalah merupakan nasi yang dihidangkan dengan makanan laut khas Spanyol.

Makanan yang memiliki aroma khas dan legit ini rasanya sedikit pahit, tapi itu yang menjadikan daya tarik utama dari masakan ini. Selain menyedapkan masakan, manfaat bunga saffron ini juga untuk pola hidup sehat dan herbal alami.

Manfaat Bunga Saffron Untuk Kesehatan

manfaat bunga saffron

Selanjutnya seperti yang disebut di atas, manfaat bunga saffron selain untuk rempah makanan juga bisa untuk menyehatkan tubuh. Banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan Anda dan keluarga yaitu.

Meningkatkan Kesuburan Bagi Pria dan Wanita

Kandungan dalam herbal saffron yaitu memiliki nutrisi seperti serat alami, protein, natrium, asam folat, serta banyak mengandung vitamin A, B, dan C untuk kesehatan kandungan.

Mengatasi sakit kepala, gangguan pencernaan dan melancarkan haid. Meregenerasi sistem saraf yang telah rusak dan sangat bagus untuk program hamil.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki kelebihan berat badan, bunga saffron juga bisa untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebihan. Beberap zat yang terkandung dalam bunga saffron yaitu bisa mengurangi hormon leptin dan ghrelin penyebab timbulnya rasa lapar. Cocok bagi Anda yang sedang melakukan program diet untuk mengurangi nafsu makan.

Khasiat Bunga Safron yang Baik Untuk Kecantikan

Saffron juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah Anda. Seperti dapat menunda penuaan dini, menghaluskan kulit, mencerahkan, mengurangi kerutan wajah serta mencegah dan menghilangkan jerawat di wajah Anda.

Mengurangi Rasa Sakit Pada Wanita Saat Haid

Pada penelitian disebutkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi bunga saffron dapat mengatasi rassa nyeri/inflamasi yang terjadi pada saat haid. Bahkan manfaat ini bisa didapatkan hanya dengan cara menghirup aroma saffron selama 20 menit.

Khasiat Bunga Saffron Sebagai Anti Kanker dan Tumor

Bunga saffron banyak mengandung karsiogenik atau zat yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Meningkatkan Kinerja Otak Untuk Daya Ingat dan Kecerdasan

Untuk anak-anak dan para lansia, bunga safrron juga banyak manfaatnya. Dianjurkan untuk para penderita Alzheimer dan Parkinson, karena bunga saffron diteliti juga dapat meningkatkan kinerja otak pada manusia.

Kandungan Antioksidan Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Antimutagenik

Zat lain dalam bunga saffron yaitu kandungan antioksidan yang fungsinya menangkal radikal bebas. Kandungan Antimutageniknya sendiri juga berfungsi untuk mencegah terjadinya mutasi gen. Zat-zat tersebut membantu tubuh menjadi sehat, meningkatkan sistem kekebalan dan terhindar dari serangan beberapa penyakit.

Mencegah Stroke, Menyehatkan Jantung Dengan Cara Melancarkan Peredaran Darah

Bunga saffron juga dapat menjaga peredaran darah dalam tubuh tetap lancar. Jika aliran darah dalam tubuh kita normal maka mengurangi resiko serangan jantung, dan penyakit jantung lain.

Manfaat Bunga Saffron Mengatasi Depresi

Depresi dapat mengancam kesehatan mental, kandungan safranal dan crocin dalam bunga saffron dapat menstabilkan hormon dopamin yang mengendalikan emosi seseorang. Selain itu juga dapat meningkatkan mood dan meredakan stress serta kecemasan.

Manfaat Bunga Saffron Sebagai Viagra Alami

Bunga saffron sangat baik untuk pria dewasa yang ingin bersemangat di atas ranjang. Berkhasiat sebagai afrodisiak serta dapat meningkatkan libido dan fungsi ereksi pria.

Pada wanita juga berfungsi untuk meningkatkan hasrat seksual saat berhubungan dengan suami.

Mengatasi Diabetes

Untuk penderita diabetes sangat dianjurkan minum bunga saffron, karena dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Jika kadar gula dalam tubuh tinggi kandungan dalam bunga saffron ini akan dengan cepat menstabilkan kadar gula darah.

Cara Penggunaan Bunga Saffron

bunga saffron negin

Anda tertarik ingin mengkonsumsi saffron? Karena manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan atau mungkin Anda mengalami gangguan kesehatan seperti di atas. Lalu bagaimana cara mengkonsumsi bunga saffron?

Tak perlu susah menanam dan mengeringkan bunga ini Anda bisa langsung membeli yang siap pakai. Pastikan Anda membeli di tempat yang terpercaya dan dijamin keasliannya, karena harganya yang mahal sayang jika Anda salah beli.

Setelah membeli Anda bisa menyimpannya selama 3-6 bulan. tidak perlu banyak banyak dalam menggunakannya karena rasanya cukup kuat. Anda dapat mengolah dengan cara menumbuk  bunga saffron kering, atau langsung dicampur ke makanan.

Cara mengkonsumsi bunga saffron sangat praktis, ada bisa menyeduhnya dengan air hangat seperti teh. Celupkan cukup 3-4 putik saffron kedalam air secukupnya dan jadilah teh za’faron. Tunggu beberapa menit sampai air berubah menjadi warna kuning ke emasan.

Efek Samping Bunga Saffron

Pada dasarnya, rempah atau herbal alami bunga saffron ini bersifat aman untuk dikonsumsi tubuh, sangat sedikit bahkan tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Dengan catatan jika dikonsumsi dengan dosis yang sesuai dan tidak berlebihan.

Untuk ibu hamil yang ingin mengkonsumsi bunga saffron ini disarankan mulai minum pada trimester kedua dan seterusnya. Konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan jika Anda merasa perlu konsultasi.

Untuk dosiskonsumsi bunga saffron yang sesuai yaitu sebanyak 15mg setiap dua kali sehari, terutama untuk penderita depresi dan PMS atau penderita Alzheimer. Disarankan menggunakan 30mg setiap hari.

Demikian penjelasan tentang bunga fenomenal Saffron, jika dirasa kurang jelas dapat kepoin kami lagi di kolom komentar.

Semoga dapat dipahami dan bermanfaat. Sebagian sumber referensi tulisan diambil dari bbc.

 

Please follow and like us:

Kepoin yukk!!