nama provinsi di indonesia

34+ Nama Provinsi di Indonesia Dengan Ibu kota & Luas Wilayahnya

Nama Provinsi di Indonesia – Provinsi manakah di Indonesia yang memiliki wilayah terluas? Lalu provinsi mana juga yang memiliki wilayah terkecil di Indonesia? Untuk menemukan jawabannya, di bawah ini akan saya jelaskan tentang semua provinsi yang ada di Indonesia. Mulai dari nama provinsi di Indonesia, jumlah, ibu kota serta luas wilayahnya.

Letak Astronomis Indonesia membuat negara kita terbentuk sebagai negara kepulauan. Sebanyak 34 provinsi di Indonesia dibagi ke dalam beberapa pulau, yakni 10 provinsi di Pulau Sumatera. Pulau Jawa dibagi 6 provinsi, lalu di Pulau Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara ada 3 provinsi. Pulau kalimantan terdapat 5 provinsi, serta 6 provinsi berada di Pulau Sulawesi. 4 provinsi selanjutnya berada di Kepulaun Maluku dan Papua.

Sebagai warga negara yang cinta tanah air setidaknya anda mengetahui beberapa hal tentang negara Indonesia. Seperti contohnya mengerti jumlah dan pembagian provinsi di Indonesia beserta nama provinsi di Indonesia.

Pada artikel saya kali ini akan membahas tentang nama provinsi di indonesia lengkap dengan luas wilayah serta letak ibu kota dari provinsi tersebut. Dengan tujuan untuk menambah wawasan anda tentang keberagaman Indonesia. Silahkan di simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Jumlah Nama Provinsi di Indonesia

Sampai saat ini provinsi yang tersebar di Indonesia berjumlah 34, jumlah tersebut meningkat drastis dari awal kemerdekaan. Bukan tidak mungkin jumlah tersebut masih dapat bertambah setiap tahunnya dikarenakan pemekaran daerah.

Untuk membentuk sebuah provinsi ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan atau keputusan presiden Indonesia. Pada setiap provinsi di Indonesia memiliki pemerintahan daerah dan dipimpin oleh seorang gubernur. Gubernur tersebut yang terpilih pada pemilihan umum kepala daerah (pilkada). Setiap provinsi juga memiliki ibu kota provinsi masing-masing daerah.

Sedikit bercerita mengenai sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada awal kemerdekaan Indonesia hanya terbagi menjadi 10 provinsi. Dengan berjalannya waktu terdapat banyak pemekaran di wilayah Indonesia sehingga muncul beberapa provinsi baru.

Bukan tidak mungkin nama provinsi di Indonesia akan terus bertambah menjadi 35 atau 36 provinsi. Karena beberapa daerah bisa saja dilakukan pemekaran lagi seperti Madura (pemekaran dari provinsi Jawa Timur). Atau Teluk Cendrawasih (pemekaran dari provinsi Papua).

Langsung saja ke inti artikel yang utama yaitu nama provinsi di Indonesia dan Ibu kotanya lengkap beserta luas wilayahnya.

Provinsi di Pulau Sumatera

Pulau Sumatera merupakan pulau terbesar keenam di dunia yang berada di Indonesia, luas pulau ini adalah 473.481 km². Menurut sensus tahun 2018 jumlah penduduk di pulau ini sekitar 57.940.351. Sumatera terletak di bagian paling barat gugusan kepulauan di Indonesia.

Pemerintahan di pulau Sumatera dibagi menjadi 10 provinsi.

1. Provinsi Aceh

lokasi provinsi Aceh

id.wikipedia.org

Aceh merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di ujung utara Pulau Sumatera. Menjadi provinsi paling barat di Indonesia, diresmikan pada 7 Desember 1959 ibu kotanya berada di kota Banda Aceh. Mempunyai luas wilayah total 58.375,63 km² dengan jumlah penduduk sekitar 4,5 juta jiwa.

2. Provinsi Bengkulu

Bengkulu juga merupakan nama provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera bagian barat daya. Ibu kota provinsinya berada di kota Bengulu. Provinsi Bengkulu diresmikan pada 18 November 1968, dengan luas wilayah 19.789 km2. Jumlah penduduk di provinsi Bengkulu sekitar 2 juta jiwa.

3. Provinsi Sumatera Utara

peta sumatera utara

id.wikipedia.org

Provinsi Sumatera utara beribu kota di Medan dengan luas wilayah total 72.981 km2. Jumlah populasi di provinsi Sumatera Utara mencapai 14 juta penduduk. 15 April 1948 menjadi hari provinsi Sumatera Utara.

4. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Provinsi ini terdiri dari 2 pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Belitung serta pulau kecil lainnya. Ibu kotanya di Pangkalpinang, provinsi ini terletak pada bagian timur Pulau Sumatera. Provinsi yang disahkan pada 9 Februari 2001 ini mempunyai luas wilayah 16.424 km2, dan jumlah penduduk sebanyak 1,4 juta jiwa.

5. Provinsi Kepulauan Riau

Provinsi ini merupakan provinsi kepulauan di Indonesia yang ibu kota di kota Tanjungpinang. Memiliki jumlah penduduk 2 juta jiwa, provinsi ini mempunyai luas wilayah  8.201,72 km2. Namun 96% wilayah provinsi tersebut adalah daerah perairan. Hari jadi provinsi ini pada 24 September 2002.

6. Provinsi Sumatera Barat

Provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera Kota Padang sebagai ibu kotanya. Memiliki luas total 42.297,30 kmdan jumlah penduduk sebanyak 5,5 juta jiwa. Provinsi ini direesmikan pada tahun 1957.

7. Provinsi Sumatera Selatan

Ibu kota Sumatera Selatan adalah Palembang, diresmikan pada tahun 1950. Provinsi ini memiliki luas 85.679 kmdan diresmikan sebagai provinsi pada 14 Agustus 1950. Mempunyai jumlah populasi sebanyak 8 juta jiwa.

8. Provinsi Riau

peta lokasi provinsi riau

id.wikipedia.org

Provinsi ini terletak di bagian tengah Pulau Sumatera, Pekanbaru menjadi ibu kota provinsi tersebut sejak 9 Agustus 1957. Mempunyai jumlah penduduk sebanyak 6,2 juta jiwa dan total luas wilayah 94.560 km2.

9. Provinsi Jambi

Pada 9 Agustus 1957 Kota Jambi sekaligus diresmikan sebagai provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera. Kota Jambi memiliki jumlah penduduk sebanyak 3,4 juta jiwa dengan luas  wilayah 53.509 km2.

10. Provinsi Lampung

Provinsi Lampung terletak di ujung selatan Pulau Sumatera dengan Bandar Lampung sebagai ibu kota provinsi Lampung. Diresmikan pada 18 Maret tahun 1964 provinsi ini mempunyai luas wilayah 35.376 km2. Serta memiliki jumlah penduduk sebanyak 8,2 juta jiwa.

Nama Provinsi di Indonesia di Pulau Jawa

peta lokasi pulau jawa

id.wikipedia.org

Pulau Jawa merupakan sebuah pulau di Indonesia terluas ke – 13 di dunia dengan jumlah penduduk hampir 160 juta jiwa.

Pemerintahan di Pulau Jawa dibagi menjadi 6 provinsi sebagai berikut :

Provinsi Banten

Terletak di bagian paling barat pulau jawa, provinsi Banten memiliki luas wilayah 9.160 km². Kota Serang menjadi ibu kota provinsi tersebut, dengan populasi penduduk mencapai 10,6 juta jiwa. Provinsi Banten resmi menjadi provinsi pada tahun 2000.

Provinsi DKI Jakarta

peta jakarta

id.wikipedia.org

DKI Jakarta adalah ibu kota Negara Indonesia dan merupakan kota terbesar di Indonesia. Jakarta juga merupakan satu-satunya kota yang memiliki status setingkat provinsi. Hanya memiliki luas daratan sebesar 661 km² menjadikan Kota Jakarta sebagai provinsi terkecil di Indonesia. Hari jadi Jakarta pada 22 Juni 1527. Populasi penduduk di jakarta mencapai 10,3 juta jiwa.

Provinsi Jawa Barat

Ibu kota provinsi Jawa Barat berada di Kota Bandung. Luas total wilayah provinsi Jawa Barat yaitu 35.222 km².

Provinsi Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah ibu kotanya di Semarang, mempunyai total luas wilayah sebesar 32.548 km².

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

peta daerah istimewa yogyakarta

id.wikipedia.org

Terletak di bagian selatan Pulau Jawa merupakan daerah istimewa yang memiliki luas wilayah 3.185 km².

Provinsi Jawa Timur

Merupakan provinsi di bagian timur Pulau Jawa, ibu kotanya terletak di Surabaya. Luas wilayah provinsi Jawa Timur yakni 47.922 km².

Provinsi Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara

peta lokasi pulau bali

id.wikipedia.org

Kepulauan Nusa Tenggara juga disebut Kepulauan Sunda Kecil yang secara administratif termasuk wilayah Indonesia. Kecuali bagian timur Pulau Timor karena termasuk wilayah negara Timor Leste. Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali terdiri atas 3 provinsi.

Provinsi Bali

Bali adalah provinsi di Indonesia, ibu kotanya adalah Denpasar, memiliki total luas 5.780 km². Jumlah populasi penduduk per tahun 2017 mencapai 4,2 juta jiwa. Provinsi Bali di resmikan pada 14 Agustus 1959.

Provinsi Nusa Tenggara Barat

Provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda kecil dan termasuk dalam kepulauan Nusa Tenggara. Letaknya di sebelah timur Pulau Bali, Kota Mataram sebagai ibu kota provinsi NTB sejak diresmikannya tahun 1958. Memiliki luas wilayah 20.153 km²  dan populasi total 4,5 juta jiwa.

Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kupang merupakan ibu kota provinsi NTT, luas wilayahnya 48.718 km² dengan jumlah penduduk 5,2 juta jiwa. Diresmikan menjadi Provinsi sejak tahun 1958.

Provinsi di Pulau Kalimantan

pulau kalimantan

id.wikipedia.org

Pada masa kolonial Pulau Kalimantan juga disebut Borneo, merupakan pulau terbesar ke-3 di dunia yang terletak di Indonesia. Luas pulau ini adalah 743.330 km2.

Pulau Seribu Sungai” merupakan sebutan dari Pulau Kalimantan disebabkan karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Pulau Kalimantan dibagi menjadi 5 provinsi sebagai berikut :

Provinsi Kalimantan Tengah

Provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan bagian tengah. Ibu kota provinsinya adalah kota Palangkaraya. Kalimantan Tengah diresmikan pada 23 Mei 1957 memiliki luas wilayah 157.983 km². Populasi penduduk di provinsi ini mencapai 2,7 juta jiwa.

Provinsi Kalimantan Selatan

Provinsi ini memiliki ibu kota di kota Banjarmasin, diresmikan pada 14 Agustus 1950 provinsi Kalimantan Selatan memiliki luas area total 37.530,52 km² . Jumlah populasi penduduknya hingga tahun 2015 sebanyak 3,9 juta jiwa.

Provinsi Kalimantan Barat

Sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian barat dari Pulau Kalimantan. Kota Pontianak menjadi ibu kota provinsi Kalimantan barat, diresmikan pada 1 Januari 1957. Luas wilayah Kalimantan barat yaitu 146.807 km² dengan jumlah penduduk 5,3 juta jiwa.

Provinsi Kalimantan Utara

Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda hasil pemekaran dari provinsi Kalimantan Timur. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga bagian Sabah dan Serawak (Malaysia).

Kalimantan Utara saat ini menjadi provinsi termuda di Indonesia. Diresmikan pada 25 Oktober 2012 kota Tanjung Selor menjadi ibu kota provinsinya. Provinsi Kalimantan Utara memiliki luas wilayah 75.467 km².

Provinsi Kalimantan Timur

Kaltim adalah salah satu provinsi di Indonesia ibu kota provinsi tersebut berada di Kota Samarinda. Luas total provinsi Kaltim adalah 129.066 km² dan populasi sebesar 3,6 juta jiwa.

Provinsi di Pulau Sulawesi

peta lokasi pulau sulawesi

id.wikipedia.org

Terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi merupakan salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar. Pulau ini memiliki peringkat ke – 11 terluas di dunia meliputi area seluas 174.600 km2.

Pemerintahan Pulau Sulawesi dibagi menjadi 6 provinsi yaitu :

Provinsi Gorontalo

Lahir tanggal 5 Desember 2000 Kota Gorontalo menjadi ibu kota provinsi. Luas wilayahnya mencapai 12.435 km².

Provinsi Sulawesi Barat

Hari jadi provinsi Sulawesi Barat pada 5 Oktober 2004, memiliki ibu kota di Kota Mamuju. Provinsi ini mempunyai luas wilayah 16.787 km²,

Provinsi Sulawesi Selatan

Ujung Pandang atau Makassar adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan, mempunyai luas wilayah 45.764 km².

Provinsi Sulawesi Tengah

Merupakan provinsi di tengah Pulau Sulawesi yang mempunyai luas wilayahnya yaitu 61.841 km². Ibu kota dari provinsi Sulawesi Tengah adalah Kota Palu.

Provinsi Sulawesi Tenggara

Sulawesi tenggara mempunyai ibu kota Kendari dengan luas wilayah 38.140 km².

Provinsi Sulawesi Utara

Provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan ibu kota di Kota Kendari, memiliki luas wilayah 13.852 km²,

Provinsi di Kepulauan Maluku dan Papua

nama provinsi di indonesia

id.wikipedia.org

Kepulauan Maluku dan Papua terletak di wilayah Indonesia paling timur, terdapat 4 provinsi Indonesia di wilayah ini.

Provinsi Maluku

Provinsi Maluku dengan kota Ambon sebagai ibu kotanya diresmikan sejak tahun 1958. mempunyai luas wilayah 47.350 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1,7 juta jiwa.

Provinsi Maluku Utara

Kota Sofifi adalah ibu kota dari provinsi Maluku Utara yang resmi terbentuk pada 4 Oktober 1999. Luas total wilayahnya 31.982 km² dengan jumlah penduduk 1,3 juta jiwa.

Provinsi Papua Barat

nama provinsi di indonesia

id.wikipedia.org

Provinsi Papua Barat ibu kotanya adalah Manokwari, memiliki luas wilayah 99.671 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1,4 juta jiwa. Provinsi ini resmi menjadi provinsi pada 4 Oktober 1999.

Sumber : https://id.wikipedia.org/

Provinsi Papua

Provinsi Papua merupakan provinsi terluas di Indonesia dengan total luas 309.934 km². Ibu kotanya berada di Kota Jayapura dan 1 Mei tahun 1963 merupakan hari jadi provinsi tersebut. Terletak pada bagian paling timur wilayah Indonesia dengan jumlah populasi penduduknya sebanyak 3,6 juta jiwa.

Demikian diatas nama provinsi di Indonesia lengkap beserta ibu kotanya semoga bisa bermanfaat untuk pembaca.

Please follow and like us:

Kepoin yukk!!