pencemaran lingkungan

Definisi, Macam Pencemaran Lingkungan [Lengkap] Dengan Cara Penanggulangannya

Pencemaran Lingkungan –¬†Pencemaran lingkungan menjadi salah satu masalah utama pada era sekarang, banyaknya pencemaran tersebut juga berpengaruh terhadap produktivitas bumi.

Kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengelola lingkunganlah yang sebenarnya menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan banyak disebabkan karena masalah sampah dan limbah industri, serta perilaku manusia sendiri.

Maraknya pencemaran yang saat ini sudah mulai sulit dikendalikan, terutama setelah adanya revolusi perindustrian. Hal tersebut mengakibatkan banyak sekali pabrik yang dibangun dan menyebabkan berbagai macam pencemaran ataupun polusi.

Pencemaran lingkungan umum terjadi pada lingkungan hidup manusia, baik yang bersifat fisik, biologis, maupun kimiawi, memiliki unsur yang merugikan keberadaan manusia itu sendiri.

Disini saya akan sedikit mengulas lebih mendalam tentang pencemaran lingkungan. Mulai dari definisi, macam-macam pencemaran, tingkatan pencemaran, dan cara menanggulanginya. Silahkan simak baik-baik ulasan berikut ini.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

pencemaran lingkungan

pixabay.com

Pencemaran lingkungan adalah berubahnya suatu tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam. Sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Peristiwa pencemaran lingkungan ini disebut dengan polusi, sementara zat atau bahan yang dapat menyebabkan polusi disebut polutan. Suatu zat dapat dikatakan polutan jika keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhuk hidup. Sebagai contohnya, karbon dioksida dengan kadar 0,033% yang ada di udara memang berfaedah bagi tumbuhan. Namun dapat memberikan efek merusak tumbuhan jika kadarnya lebih tinggi dari 0,033%.

Suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan atau penyebab polusi apabila :

  1. Jumlahnya lebih dari jumlah normal.
  2. Berada dalam waktu yang tidak tepat.
  3. Berada pada tempat yang tidak tepat.

Macam-macam Pencemaran Lingkungan

pencemaran lingkungan

jempoltangan.com

Pencemaran lingkungan ini terbagi menjadi beberapa kategori yaitu, menurut tempat terjadinya, pencemaran menurut bahan atau polutannya dan pencemaran menurut tingkat pencemarannya.

Pencemaran Udara

pencemaran lingkungan

pixabay.com

Pencemaran udara merupakan pencemaran yang saat ini paling parah. Salah satu penyebabnya ialah pembakaran hutan secara ilegal dan juga asap kendaraan maupun asam pabrik.

beberapa contoh pencemaran udara yaitu :

  • Gas H2S, Gas ini memiliki sifat racun, terdapat di kawasan gunung berapi, bisa juga dihasilkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara.
  • Gas CO dan CO2, karbon monoiksida (CO) memiliki sifat tidak berwarna dan tidak berbau, bersifat racun. Merupakan hasil pembakaran tidak sempurna dari bahan buangan mobil dan mesin letup. Gas CO2 yang terdapat dalam udara murni berjumlah 0,03%. Bila melebihi jumlah toleransinya dapat mengganggu pernafasan. Selain dari pada itu gas CO2 yang berlebihan di bumi dapat mengikat panas dari cahaya matahari. Sehingga suhu di bumi bertambah panas. Penyebab pemanasan global¬†di bumi akibat CO2 dapat di sebut dengan efek rumah kaca.
  • Partikel SO2 dan NO2, kedua partikel ini bersamaan dengan partikel cair membentuk embun, menghasilkan awan dekat tanah dapat mengganggu pernafasan. Sedangkan partikel padat , misalnya bakteri, jamur, virus, dan tepung sari yang juga dapat mengganggu pernafasan.
  • Batu bara yang mengandung sulfur (belerang) melalui pembakarannya akan menghasilkan sulfur dioksida. Sulfur dioksida tersebut bersama dengan udara serta oksigen dan sinar matahari dapat menghasilkan asam sulfur. Asam ini membentuk kabut dan akan menimbulkan hujan yang disebut hujan asam, dapat menyebabkan gangguan pada manusia ,hewan, maupun tumbuhan.

Pencemaran Air

pencemaran lingkungan

pixabay.com

Pencemaran air ialah perubahan kandungan dalam air, dari yang awalnya baik untuk digunakan menjadi tidak layak pakai. Polusi air dapat disebabkan oleh beberapa polutan sebagai berikut :

  • Pembuangan limbah industri, sisa insektisida, dan pembuangan sampah domestik, contohnya sisa deterjen mencemari air. Buangan industri termasuk limbah berat karena banyak mengandung Pb, Hg, Zn, dan CO, dapat terakumulasi dan beracun.
  • Sampah organik yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan O2 dalam air berkurang, hal; itu dapat mengganggu aktivitas kehidupan organisme air.
  • Fosfat hasil pembusukan bersama HO3 dan pupuk pertanian menghasilkan penimbunan mineral yang menyebabkan pertumbuhan alga (Blooming alga) semakin cepat. Akibatnya, tanaman yang berada di dalam air tidak dapat berfotosintesis karena sinar matahari yang terhalang.

Termasuk salah satu bahan pencemar di laut yaitu tumpahan minyak bumi, akibat kecelakaan kapal tanker minyak yang kerap sekali terjadi. Banyak organisme akuatik yang mati ataupun keracunan karena hal tersebut.

Pencemaran Tanah

pencemaran lingkungan

pixabay.com

Pencemaran tanah ini sangat erat hubungannya dengan hidup kita sehari-hari, salah satunya yaitu sampah. Kurang adanya pengelolaan sampah mengakibatkan banyaknya sampah yang menumpuk di tanah.

Selain membuat tanah menjadi tercemar karena zatnya, sampah juga dapat berakibat penumpukan zat kimia yang apabila terjadi kebocoran limbah kimia tersebut akan sangat membahayakan manusia.

Bukan hanya membahayakan manusia, pencemaran tanah ini juga berakibat fatal untuk seluruh makhluk hidup. Karena tanah merupakan salah satu komposisi dari siklus hujan. Apabila tanah sudah terkontaminasi dengan zat kimia yang berbahaya dapat pencemaran air, lalu menguap menjadi pencemaran udara.

Kemudian akan menjadikan hujan asam yang dapat membahayakan serta menambah pencemaran yang lain dan lebih lagi. Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh beberapa jenis pencemaran berikut ini :

  • Sampah-sampah plastik yang sukar hancur, botol, karet sintetis,pecahan kaca dan kaleng.
  • Detergent yang bersifat non biodegradable¬†(secara alami susah diuraikan).
  • Zat kimia yang berasal dari buangan pertanian, misalnya insektisida.

Parameter Pencemaran

menjaga hutan

pixabay.com

Dengan mengetahui beberapa parameter yang ada pada daerah/kawasan penelitian, akan dapat diketahui tingkat pencemaran. Apakah lingkungan itu sudah terkena pencemaran atau belum.

Parameter yang merupakan indikator pencemaran adalah sebagai berikut :

  1. Parameter pencemaran secara kimia, meliputi : CO2, pH, alkalinitas, fosfor,dan logam-logam berat.
  2. Parameter pencemaran secara biokimia, meliputi : BOD (Biochemical Oxygen Demand) yaitu jumlah oksigen dalam air. BOD digunakan untuk mengukur banyaknya pencemar organik. Menurut menteri kesehatan RI, kandungan oksigen dalam air minum atau BOD tidak boleh kurang dari 3 ppm.
  3. Parameter pencemaran secara fisik, meliputi : temperatur, warna, rasa, bau, kekeruhan, dan radioaktivitas.
  4. Parameter biologi, meliputi :ada atau tidaknya mikroorganisme seperti, bakteri coli, virus, bentos, dan plankton.

Penanggulangan Pencemaran Lingkungan

pencemaran lingkungan

pixabay.com

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jantung dunia karena hutan luas yang dimiliknya. Oleh karena itu kita harus menjaga dan berusaha untuk melakukan penanggulangan terhadap pencemaran lingkungan.

Ada 3 macam penanggulangan pencemaran lingkungan yang dapat dilakukan oleh pemerintah kita yaitu :

Penanggulangan secara Administratif

Penanggulangan secara administratif terhadap pencemaran lingkungan adalah merupakan tugas utama pemerintah. Yaitu dengan membuat peraturan atau undang-undang misalnya. Beberapa peraturan yang telkah dikeluarkan oleh pemerintah, antara lain sebagai berikut :

  • Pabrik dilarang menghasilkan produk (barang) yang dapat mencemari lingkungan. Contohnya, pabrik pembuat lemari es, AC dan sprayer tidak boleh menghasilkan barang yang menggunakan gas CFC. Sehingga bisa menyebabkan penipisan dan berlubangnya lapisan ozon.
  • Setiap industri harus memiliki unit-unit pengelolaan limbah (padat, cair, dan gas), sehingga limbah yang nantinya dibung ke lingkungan sudah aman dari zat-zat yang membahayakan lingkungan.
  • Pembuangan sampah dari pabrik harus dilakukan ke tempat tertentu yang letaknya jauh dari pemukiman.
  • Sebelum dilakukan pembangunan pabrik atau proyek-proyek industri harus dilakukannya analisismengenai dampak lingkungan.

Penanggulangan secara Teknologis

Penanggulangan teknologis misalnya menggunakan peralatan untuk mengolah sampah atau limbah. Di Surabaya sudah ada suatu tempat pembakaran akhir sampah dengan suhu yang sangat tinggi sehingga tidak membuang asap. tempat tersebut dinamakan insenerator.

Penanggulangan secara edukatif

Secara edukatif penanggulangan pencemaran dilakukan melalui jalur pendidikan baik formal ataupun nonformal. Contohnya, melalui pendidikan formal di sekolah dimasukkan pengetahuan tentang lingkungan hidup ke dalam mata pelajaran terkait.

Melalui jalur pendidikan nonformal sebagai contohnya, dilakukannya penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan pencegahan pencemaran lingkungan.

Dengan penyuluhan dan pendidikan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesadaran baik secara individu maupun secara berkelompok. Untuk memahami betapa pentingnya kelestarian lingkungan.

Demikian artikel saya tentang pencemaran lingkungan, semoga bermanfaat !!

Please follow and like us:

Kepoin yukk!!