sejarah bola voli

Sejarah Permainan Bola Voli, Teknik Bola Voli + Aturan Mainnya [Lengkap]

Sejarah Bola Voli – Permainan bola voli menjadi salah satu cabang olahraga terfavorit di Indonesia dan banyak penggemarnya. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya pertandingan resmi yang diselenggarakan.

Banyaknya komunitas-komunitas penggemar permainan bola voli juga membuktikan bahwa, olahraga ini memang sedang digemari banyak orang.

Pada artikel ini saya akan memberi info tentang sejarah bola voli, teknik dasar bermain bola voli. Beserta Peraturan Bola Voli terlengkap yang perlu anda ketahui. Dengan tujuan sedikit banyak akan menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang permainan bola voli.

Sejarah Bola Voli

sejarah bola voli

sumber: olahraga.pro

Sebelum kita belajar mengenai pengertian permainan bola voli, teknik dasar, serta Peraturan Bola Voli. Sebaiknya kita harus terlebih dahulu memperlajari sejarah bola voli.

Kalau tidak seluruhnya, paling tidak kita tahu sejarah bola voli agar semakin menambah wawasan kita di dalam dunia bola voli.

Penemu Permainan Bola Voli

Penemu bola basket

sumber: olahraga.pro

Olahraga ini ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari1895, di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat.

YMCA (Young Men’s Christian Association) adalah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni tahun 1884 di London, Inggris.

Permainan Bola Voli Awalnya Bernama Mintonette

mintonette

sumber: ilmusejarah.com

Menurut info sejarah bola voli yang pernah saya baca, setelah G. Morgan bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket) Sejarah Bola Basket. Beliau sendiri menciptakan sebuah olahraga baru yang dikenal dengan nama Mintonette.

William G. Morgan yang merupakan mahasiswa lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan olahraga Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga bola basket oleh James Naismith.

Perubahan nama yang awalnya Mintonette menjadi Volleyball (permainan bola voli) terjadi di tahun 1896, lebih tepatnya pada pertandingan pertamanya di event International YMCA Training School.

Olahraga Mintonette Kombinasi Dari Beberapa Permainan

Tahukah kamu tentang sejarah bola voli lainnya? Ternyata olahraga Mintonette adalah kombinasi dari empat permainan bola besar yang dijadikan satu, yaitu:

  • bola basket,
  • baseball,
  • tenis, dan
  • bola tangan (handball).

Permainan Bola Voli Masuk ke Indonesia

timnas bola voli putri indonesia

sumber: bolabanget.id

Pada masa penjajahan Belanda, tahun 1928 permainan bola voli masuk di Indonesia. Akan tetapi hanya bisa dimainkan oleh orang-orang Belanda dan para bangsawan saja.

Pada waktu itu yang berperan mengembangkan olahraga (termasuk permainan bola voli) di Indonesia adalah, guru-guru pendidikan jasmani yang berasal dari Belanda.

Induk Organisasi Bola Voli Nasional dan Internasional

Induk organisasi bola voli di Indonesia yaitu PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia), dan induk organisasi bola voli seluruh dunia atau Internasional adalah FIVB (Federation Internationale de Volleyball). Keduanya menjadi sejarah bola voli.

Terbentuknya PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia)

logo pbvsi

Permainan bola voli berkembang sangat pesat di Indonesia, sehingga tidak butuh waktu yang lama, klub-klub bola voli di kota-kota besarpun mulai bermunculan di Indonesia.

Dengan bermunculannya klub-klub permainan bola voli tersebut, akhirnya pada tanggal 22 Januari tahun 1955, didirikan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) di Jakarta sebagai induk organisasi bola voli di Indonesia.

Bersamaan dengan berdirinya induk organisasi bola voli nasional tersebut, diadakan juga perlombaan bola voli nasional jadi sejarah bola voli pertama kali di Indonesia.

Sejak didirikan, PBVSI mulai aktif mengembangkan berbagai kegiatan bola voli di Indonesia, baik itu di dalam maupun di luar negeri dan hal tersebut terus berlangsung hingga sekarang.

FIVB (Federation Internationale de Volleyball)

lambang voli internasional

sumber: bolavoliholic.blogspot.com

FIVB (Federation Internationale de Volleyball) didirikan di kota Paris, Perancis pada tahun1947 sebagai induk organisasi bola voli international, dan Paul Libaud yang menjabat sebagai presiden pertama.

Organisasi sejarah bola voli ini berpusat di Lausanne, Switzerland dan memiliki berbagai struktur administratif yaitu Komite Eksekutif dan sejumlah komisi, serta dewan yang mengurus hal-hal seperti obat-obataan, wasit, turnamen dan keuangan.

Permainan Bola Voli

bola voli

sumber: kitogalo.com

Setelah mempelajari dan mengetahui tentang sejarah bola voli, sekarang kita akan mulai membahas semua tentang permainan bola voli.

Volley Ball atau bola voli adalah, suatu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua grup atau kelompok berlawanan, yang masing-masing grup mempunyai enam orang pemain.

Morgan juga menjelaskan, bahwa permainan yang diciptakannya tersebut bisa dimainkan di dalam maupun luar ruangan.

Olahraga bola voli ini adalah salah satu cabang olahraga yang membutuhkan kelincahan pemain dan juga teamwork yang baik. Setiap pemain akan bergerak untuk menyerang (smash) dan bertahan menghadapi serangan lawan.

Kesigapan dan juga ketepatan pemain sangat dibutuhkan agar bisa membentuk tim bola voli yang tangguh.

Ada juga variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memainkan dua orang pemain.

Tujuan Dari Permainan Bola Voli

Tujuan dari permainan bola voli ini adalah dapat melempar bola dari atas net agar bisa jatuh ke arena lapangan lawan, serta mencegah tim lawan melakukan penyerangan serupa kepada tim kita.

Selain sejarah bola voli kalian juga harus tahu beberapa hal tentang bola voli, di bawah ini saya tuliskan seputar bola voli lengkap.

Ukuran Bola Voli

bola voli

sumber: bebasketik.com

Pada beberapa informasi, bola voli ini biasanya memiliki ukuran keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram.

Serta tekanan dalam dari bola tersebut baiknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

Ukuran Lapangan Bola Voli

lapangan bola voli

sumber: id.wikipedia.org

Lapangan permainan bola voli berbentuk persegi panjang yang umumnya berukuran 9 meter x 18 meter.

Di dalam lapangan tersebut terdapat 3 garis yaitu garis tengah (sejajar dengan jaring net) dan 2 garis serang untuk pemain belakang untuk masing- masing daerah tim.

Garis serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring net).

Tinggi Net Bola Voli Putra dan putri

Ada dua ukuran tinggi net dipermainan bola voli yaitu untuk voli putra 2,43 meter dan untuk voli putri 2,24 meter.

Penghitungan Angka Dalam Permainan Bola Voli

Apabila pihak tim lawan bisa memasukkan bola ke dalam daerah bermain kita, maka tim lawan mendapatkan nilai dan berhak mendapat bola untuk melakukan service.

Service yang dilakukan harus dapat melewati net dan masuk ke daerah bermain tim lawan. Jika serve tidak masuk, maka nilai didapatkan oleh tim lawan.

Sistem Pertandingan Bola Voli

  • Sistem pertandingan bola voli menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan didistribusikan ke dalam 2 grup, masing-masing grup terdiri dari 4 tim.
  • Setiap tim terdiri dari 10 orang permain, meliputi 6 orang pemain inti dan 4 orang pemain cadangan.
  • Pergantian pemain inti dengan cadangan pada waktu pertandingan sedang berlangsung tidak dibatasi.
  • Pertandingan tidak akan ditunda jika salah satu atau lebih, dari anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga lainnya.
  • Minimum jumlah pemain yang berada di dalam lapangan adalah 4 orang pemain.
  • Jika di lapangan pemain hanya  tinggal 3 orang atau kurang dari 4 orang, maka tim tersebut akan dianggap gugur atau kalah.
  • Sistem penghitungan point yang digunakan adalah 25 rally point, apabila point peserta seri (24-24) maka point akhir pertandingan akan ditambah menjadi 2 point. Tim yang lebih dulu unggul dengan selisih 2 point maka memenangi pertandingan.
  • Masing-masing permainan berlangsung sebanyak 3 babak (best of three), selain pada 2 babak yang telah ditentukan pemenangnya, maka babak ke tiga tidak perlu lagi dilanjutkan.
  • Kemenangan dalam pertandingan penyisihan akan mendapatkan nilai 1. Jika ada dua tim atau lebih yang mempunyai nilai sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari keunggulan angka pada tiap-tiap set yang dimainkan.

Kesalahan Dalam Permainan Bola Voli

Berikut ini beberapa kesalahan/pelanggaran yang biasa terjadi di dalam permainan bola voli diantaranya yaitu:

  • Pemain voli menyentuh jaring net atau melewati garis batas tengah lapangan lawan.
  • Semua pemain wajib berada di dalam lapangan pada waktu dilakukannya service.
  • Tidak diperbolehkan menangkap bola ataupun melempar bola, bola voli harus dipantulkan tanpa mengenai dasar lapangan.
  • Bola yang telah dipantulkan keluar dari lapangan belum dihitung sebagai out sebelum bola menyentuh permukaan lapangan.
  • Pada saat melakukan service bola melewati lapangan pertandingan dan tidak menyentuh pemain sama sekali dihitung sebagai point untuk lawan.
  • Pemain melakukan spike saat bola masih di atas lapangan tim lawan atau belum melewati net.
  • Pemain yang melakukan service harus berada di luar lapangan dan tidak boleh menginjak garis belakang ketika melakukan service.
  • Setiap pemain dan pemain lawan yang mengenai bola 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai double faults.
  • Diluar aturan yang terdapat di atas, peraturan permainan mengikuti peraturan Internasional.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

bola voli / mintonette

sumber: vollyballfull.blogspot.com

Pada kebanyakan sumber menyatakan bahwa, secara garis besar teknik dasar permainan bola voli terbagi atas empat macam, yaitu serving, passing, smash dan blocking.

Sebelum menjadi atlet bola voli yang profesional, kita harus lebih dulu mengetahui teknik dasar dalam permainan bola voli.

Teknik Dasar Service Dalam Permainan Bola Voli

Sebagai seorang pemula dalam permainan bola voli, service adalah teknik dasar dalam permainan bola voli yang pertama kali harus dipelajari.

Sejarah bola voli. Jika kita belum mengetahui apa itu service, maka service adalah pukulan pada bola voli yang dilakukan oleh pemain, untuk mengantar bola melewati net dan mengarah ke daerah permainan lawan yang kosong.

Atau kepada seorang pemain lawan yang kelihatan lemah, dengan tujuan pemain lawan tidak dapat mengolah bola hasil service tadi sehingga tim kita mendapatkan poin.

Dalam melakukan service ini dibagi lagi menjadi beberapa cara, diantaranya yaitu:

Service bawah

Langkah-langkah untuk melakukan service bawah ialah:

  • Pemain berdiri di luar lapangan permainan dengan satu kaki di depan sebagai tumpuan dan menghadap kearah net.
  • Berat badan awal bertumpu pada kaki belakang.
  • Lambungkan bola voli ke atas dengan rendah.
  • Gerakkan tangan ke belakang, setelah itu ayunkan ke depan untuk memukul bola voli ke arah lawan.
  • Pukulan yang dilakukan dengan mengepalkan tangan agar pukulan bisa kuat.
  • Saat memukul bola voli, pindahkan berat badan ke kaki depan.
  • Yang terakhir sebagai gerakan penutup, pindahkan kaki yang di belakang ke depan.

Service samping

Langkah-langkah untuk melakukan service samping ialah:

  • Pemain berdiri menghadap ke arah sisi lapangan.
  • Pegang bola voli menggunakan tangan kanan yang menjulur setinggi kepala.
  • Selanjutnya, lambungkan bola voli ke depan badan.
  • Ayunkan tangan untuk memukul bola ke arah belakang.
  • Dengan sedikit menekukkan kedua lutut buat tumpuan berat badan kita ke belakang.
  • Angkat tangan untuk memukul bola voli dengan membentuk gerakan melingkar.
  • Putarkan badan hingga menghadap net, sambil bersamaan pindahkan berat tubuh ke depan.

Service atas

Langkah-langkah untuk melakukan service atas ialah:

  • Pemain berdiri menghadap daerah lawan dengan sedikit menekukkan kedua lutut dan salah satu kaki depan.
  • Pegang bola voli dengan kedua tangan.
  • Lambungkan bola dengan menggunakan tangan kiri ke atas hingga ketinggian kira-kira 1 meter, atau menurut perkiraan masing-masing pemain diatas kepala di depan bahu.
  • Secepatnya tarik tangan kanan ke belakang, di atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke depan.
  • Dorong tubuh ke belakang dan secepatnya pukul bola dengan telapak tangan. Dalam hal tersebut, posisi tangan lurus dan semua badan ikut bergerak.
  • Saat memukul bola, pindahkan berat badan ke depan dan badan juga ikut bergerak ke depan.

Jump service

Teknik ini adalah teknik yang kini banyak digunakan oleh para pemain profesional permainan bola voli.

Langkah-langkah untuk melakukan jump service ialah:

  • Pemain berdiri dengan kaki yang rapat.
  • Bola voli dipegang menggunakan dua tangan di depan tubuh.
  • Lambungkan bola ke atas.
  • Ketika bola masih melambung, lakukan tolakan dengan 1 kaki ke depan agar mendapatkan lompatan yang baik.
  • Ketika mendapatkan ketinggian yang optimal dan bola sudah terjangkau oleh lengan kita, maka pukul bola tersebut ketika berada di atas.
  • Saat memukul bola, buat tumpuan berat badan kedepan.
  • setelah itu, mendaratlah dengan baik dan benar.

Teknik Dasar Passing Dalam Bola Voli

tosser voli

sumber:
vollyballfull.blogspot.com

Ketika telah berhasil menguasai teknik service, maka selanjutnya  teknik dasar yang harus kita kuasai adalah teknik passing.

Sebelum membahas lebih detail tentang teknik passing, kita harus mengerti apa yang dimaksud passing.

Passing ialah teknik yang dilakukan oleh seorang pemain untuk memberikan bola voli ke rekan satu timnya, dengan menggunakan teknik tertentu untuk menciptakan strategi penyerangan.

Maka dalam permainan bola voli, teknik passing yang baik dan akurat sangat diperlukan supaya bola bisa diarahkan kepada pemain berikutnya dengan tepat dan bisa juga untuk melancarkan penyerangan yang menghasilkan poin.

Berikut ini saya jelaskan teknik melakukan passing.

Secara umum, teknik passing dalam permainan bola voli itu dibagi menjadi dua macam, diantaranya yaitu passing bawah dan passing atas.

Teknik Passing Atas

Teknik passing atas bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Bediri dengan tubuh siap dan meregangkan kedua kaki selebar kedua bahu.
  • Tekukan sedikit kedua lutut sehingga badan sedikit rendah dan bungkukkan ke depan.
  • Tumpuan berat tubuh kita berada pada ujung kaki bagian depan.
  • Saat bola datang, secepatnya tepatkan badan berada di bawah bola.
  • Angkat tangan dan ayunkan dengan cara membuka lebar jari-jari tangan secara renggang sehingga membentuk seperti mangkuk.
  • Ketika bola sudah berada dekat dengan badan, tekukkan bagian siku atau pergelangan tangan dan posisi tangan sedikit berada di dekat dahi. Lakukan operan bola dengan baik tepat berada di jari-jari.
  • Pada saat bola menyentuh jari-jari, tegangkan bola agar bola dapat memantul dengan baik, setelah itu dorong dengan menggerakkan pergelangan tangan untuk selanjutnya disertai dengan meluruskan siku.
  • Jari yang paling dominan yang digunakan untuk mendorong bola yaitu ibu jari, jari tengah dan jari telunjuk.
  • Akhiri gerakan mendorong dengan sedikit mengangkat tumit dari lantai lapangan, menaikkan lutut dan pinggul, meluruskan kedua lengan dan pandangan fokus mengikuti kemana arah bola.

Teknik Passing Bawah

Teknik passing bawah dalam permainan bola voli bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Berdiri dengan membuka kedua kaki selebar bahu.
  • Luruskan dan rapatkan kedua lengan di depan badan sehingga kedua ibu jari sejajar.
  • Ayunkan kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas hingga bahu.
  • Saat bola tersentuh kedua lengan, luruskan lutut.
  • Posisi bola yang baik dan tepat yaitu di atas pergelangan tangan.
  • Saat melakukan passing bawah kearah depan, ayunkan lengan sekitar 90 derajat dengan bahu atau atas badan.

Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli

teknik smash

sumber: vollyballfull.blogspot.com

Smash atau spike adalah bentuk serangan dengan pukulan yang keras waktu bola berada di atas net, untuk dimasukkan ke daerah lawan dengan tujuan mendapatkan poin.

Dalam permainan bola voli, teknik smash ini merupakan pukulan ketiga setelah set upper atau tosser menjalankan tugasnya.

Urutan dalam menerima bola adalah bola pertama dapat dilakukan dengan passing bawah, setelah itu bola kedua yang milik tosser dapat dilakukan dengan passing atas, dan yang ketiga melakukan smash atau spike.

Cara melakukan teknik smash ini ada empat macam bagian yaitu:

  • Awalan.
  • Tolakan.
  • Pukulan.
  • Pendaratan.

Awalan teknik smash

Langkah awalan dalam teknik smash bola voli adalah sebagai berikut :

  • Langkah awal pemain berjarak 2,5 meter hingga 4 meter dari net.
  • Rileks dan posisi tubuh condong ke depan.
  • Seimbangkan berat badan pada kedua kaki saat melakukan persiapan awal.

Tolakan teknik smash 

  • Hentakkan jari kaki dan tumit ke lapangan.
  • Ayunkan tangan ke depan.
  • Gerakan telapak tangan, dan badan secara serasi dan sempurna.
  • Lakukan gerakan yang eksplosif diikuti lompatan vertikal.

Memukul bola

  • Berikan jarak bola di depan atas dengan jangkauan lengan kita.
  • Dorong lengan dengan cepat agar bola dapat terpukul dengan kuat.
  • Usahakan sentuhan telapak tangan dengan bola berada di tengah bagian atas bola.
  • Pukulan yang tepat dan benar akan menghasilkan putaran bola dengan cepat.

Sikap mendarat

  • Kembalikan badan pada posisi semula dengan sikap sempurna.
  • Kondisi tubuh tetap dalam keadaan rileks dan siap untuk serangan berikutnya.
  • Mendarat dengan kedua kaki layaknya per, lutut dan jari-jari kaki dalam keadaan lentur/rileks.

Teknik Dasar Blocking Dalam Permainan Bola Voli

blocking bola voli

sumber: depoktik.co.id

Blocking ialah sebuah usaha pemain voli membendung serangan lawan yang berupa smash/spike agar tidak menghasilkan poin.

Dengan upaya di dekat net untuk mencoba menahan atau paling tidak menghalangi bola yang akan datang dari daerah lawan.

Teknik blocking yang tepat yaitu:

  • Berdiri di depan net dengan sedikit jongkok, bersiap untuk melompat.
  • Sambil memperkirakan serangan yang dilakukan lawan.
  • Setelah itu, lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas.
  • Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu tim untuk melakukan blok.

Posisi Kedudukan Pemain Dalam Permainan Bola Voli

posisi pemain bola voli

sumber: id.wikipedia.org

Saat melakukan service, kedua tim harus berada di dalam lapangan/di daerahnya masing-masing dalam 2 deret ke samping. Tiga pemain di deret depan dan tiga lagi ada di deret belakang.

Posisi pemain nomor 1 dinamakan server, nomor 2 dinamakan spiker, nomor  3 dinamakan set upper atau tosser, nomor 4 dinamakan blocker, nomor 5 dan 6 dinamakan libero.

Please follow and like us:

Kepoin yukk!!