Sejarah Penemuan Bulu Tangkis dan Perkembangan Olahraga Bulu Tangkis

Sejarah bulu tangkis – Pada setiap permainan pasti mempunyai cerita sejarah tersendiri. Sejarah tersebut sangat perlu kita ketahui supaya lebih mengenal permainan itu sendiri. Saat ini kita akan membahas tentang sejarah bulu tangkis.

Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang menjadi andalan negara Indonesia di skala internasional. Pada artikel mistertoyyib kali ini akan membahas tentang bagaimana sejarah bulu tangkis. Dan bagaimana perkembangan sejarah bulu tangkis di Indonesia maupun diseluruh Dunia. Serta induk organisasi yang menaungi olahraga bulu tangkis di tingkat nasional maupun internasional.

Sejarah Bulu Tangkis

sejarah bulu tangkis
familydanceoff.com

Ada dua pendapat yang beredar mengenai asal mula ditemukannya sejarah bulu tangkis. Yakni di Mesir Kuno pada 2000 tahun yang lalu. dan dari daratan Tionghoa.

Pada daratan Tionghoa atau Republik Rakyat Tiongkok bulu tangkis ini berasal dari permainan rakyat setempat yang bernama Jianzi. Tetapi dalam permainan Jianzi hanya menggunakan shuttlecock saja dan tidak menggunakan raket.

Adapun inti dari permainan Jianzi ini juga sama dengan permainan bulu tangkis. Yaitu menjaga agar kok tidak jatuh menyentuh tanah atau lantai selama mungkin.

Kemudian pada zaman pertengahan, di Inggris juga terdapat sebuah permainan tradisional yang sangat digemari anak-anak di negara tersebut. Permainan itu bernama “Battledore and Shuttkecock” menggunakan tongkat serta menjaga kok agar tetap di udara, tanpa boleh menyentuh latai atau tanah dengan cara dipukul terus-menerus.

Di Indonesia sendiri bulu tangkis mulai dikenal oleh masyarakat pada tahun 1930-an. Pada saat itu cabang olahraga bulu tangkis ini bernaung di bawah perkumpulan yang bernama Ikatan Sport Indonesia (ISI).

Selanjutnya permainan bulu tangkis mulai ditinggalkan ketika Indonesia menghadapi masa penjajahan. Sampai pada akhirnya permainan ini hidup kembali ketika negara Indonesia telah medeka, dan mulai berkembang di Indonesia pada tahun 1947.

Baca juga : Teknik Dasar Bulu Tangkis

Perkembangan Olahraga Bulu Tangkis

sejarah bulu tangkis
kompasiana.com

Berikut ini merupakan sedikit penjelasan mengenai perkembangan olahraga bulu tangkis, pada dunia internasional dan perkembangan dalam negara Indonesia.

Perkembangan Bulu Tangkis Dunia

Bulu tangkis atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan badminton, sejarah bulu tangkis mulai berkembang dan dikenal masyarakat dunia pada abad ke-17.

Kata badminton sendiri berasal dari sebuah nama istana yang berada di daerah Gloucester-shire. Terletak sekitar 200 km di sebelah barat kota London, Inggris yaitu “badminton house”.

Keluarga Duke of Beafourt merupakan pemilik istana ini, mereka sering mengadakan lomba bulu tangkis di kawasan istana. Pada awalnya mereka mengadakan perlombaan yang sama dengan permainan Battledore and Shuttlecock.

Tapi kemudian anak-anak dari keluarga Duke of Beafourt melakukan sedikit improvisasi pada permainan ini. Dengan memasang sebuah tali di tengah-tengah antara area permainan kedua pemain yang saling bertanding. Tali inilah yang merupakan cikal bakal dari net yang di pakai dalam permainan bulu tangkis.

Battledore and Shuttlecock variasi baru dari keluarga Duke of beafourt yang menggunakan tali berkembang pesat pada akhir tahun 1850-an. Puncaknya pada tahun 1960, melalui sebuah pamflet yang di tulis oleh Isaac Spraat. Dalam pamfletnya ia menuliskan “Badminton Battledore a New Games”. Istilah badminton sebagai nama baru dari permainan itu pertama kali di ceritakan pada masyarakat luas.

Setelah itu Badminton House dijadikan sebagai nama dunia atau internasional dari bulu tangkis. Karena di istana itulah permainan bulu tangkis pertama kalinya dimainkan oleh masyarakat kalangan atas.

Perkembangan Bulu Tangkis Indonesia

sejarah bulu tangkis
pengetahuan.co.id

Sejarah bulu tangkis di Indonesia, bulu tangkis mulai berkembang saat adanya kesadaran dari pemerintah dan masyarakat. Bahwa bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang dapat mengharumkan nama Indonesia.

Sejak saat itu juga banyak didirikannya perkumpulan yang menaungi olahraga bulu tangkis. Kemudian mulai diselenggarakan berbagai perlombaan dan kejuaraan tingkat daerah dan nasional.

Perkembangan olahraga bulu tangkis di Indonesia yang paling nyata terjadi pada tahun 1948. Saat diadakan dan dimasukkannya bulu tangkis sebagai salah satu cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) I.

Pekan Olahraga Nasional atau PON I diadakan di Surakarta (Solo) diikuti oleh berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Bulu tangkis Indonesia semakin berkembang pesat dengan kampanye yang disuarakan oleh Presiden Soekarno. Pada saat itu Presiden Soekarno mengkampanyekan “Nation Building” yaitu gerakan membangun bangsa. Pelaku olahraga juga termasuk sebagai salah satu pemain utama dalam kampanye ini.

Presiden Soekarno juga memberikan pengarahan serta kobaran semangat kepada para pelaku olahraga ini. Agar menjadikan olahraga sebagai sarana  untuk mengenalkan negara Indonesia kehadapan dunia. Serta berjuang keras supaya Indonesia mampu menciptakan sebuah prestasi membanggakan di tingkat dunia.

Harapan dari Presiden Soekarno kemudian dituangkan dalam Kepres No. 263/1963. Dengan isinya yang menyangkut tentang upaya dan harapan nya untuk merencanakan Indonesia bisa masuk dalam peringkat 10 besar dunia.

Pada tahun 1958 harapan dan impian Presiden Soekarno tersebut mulai terjawab. Yakni ketika Indonesia mengikuti ajang piala Thomas atau Thomas Cup (untuk putra) yang diadakan di Singapura.

Pemain dari tim Indonesia mampu memberikan kemampuan terbaiknya. Bahkan mereka menciptakaan suatu keadaan yang tidak diduga yaitu “All Indonesian Final”. Dimana kedua pemain yang bertanding pada babak final berasal dari satu negara Indonesia.

Organisasi Bulu Tangkis

Semua cabang olahraga memiliki induk organisasi masing-masing juga sejarah bulu tangkis. Induk organisasi olahraga bulu tangkis tingkat dunia yang pertama yaitu International Badminton Federation (IBF) pada tahun 1934 – 2006.

Organisasi Bulu Tangkis Dunia

lambang bwf
alidzakyalarief.com

Induk organisasi bulu tangkis dunia berdiri pada tahun 1934 bernama International Badminton Federation (IBF). Pada tanggal 24 September 2006 International Badminton Federation (IBF) berganti nama menjadi Badminton World Federation (BWF). Melalui pertemuan organisasi Extraordinary General Meeting yang diadakan di Negara Spanyol.

Keputusan pergantian nama tersebut diambil dengan cara pengambilan suara terbanyak (voting). Dari 206 delegasi yang hadir saat itu sepakat untuk pergantian nama tersebut.

Hingga sekarang Badminton World Federation (BWF) telah berdiri selama 82 tahun dan telah mempunyai 186 negara anggota yang terdaftar.

Kantor pusat Badminton World Federation (BWF) berada di Negara Malaysia. Tepatnya di Gedung Amoda Unit 17.05 Lantai 17, 22 Jalan Imbi – 55100 Kuala Lumpur.

Organisasi Bulu Tangkis Indonesia

sejarah bulu tangkis
vector-logocdr.blogspot.com

Perkumpulan bulu tangkis pertama kali di Indonesia adalah Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI). PORI berdiri pada tanggal 20 januari 1947, kantor pusatnya berada di Yogyakarta. Tri Tjondrokusumo dilantik sebagai ketua PORI.

Pada zaman pemerintahan Belanda, perkumpulan bulu tangkis ini diberi nama Bataviasche Badminton League (BBL). Lalu dipecah menjadi Bataviasche Badminton Unie (BBU) dengan mayoritas anggotanya adalah rakyat keturunan Tionghoa. Kemudian para anggota BBU ini merubah nama organisasi tersebut menjadi Persatuan Badminton Djakarta (Perbad).

Pada tanggal 5 Mei 1951 Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia atau PBSI resmi berdiri di Bandung.

PBSI merupakan kepengurusan induk organisasi bulu tangkis Indonesia tingkat pusat. Di bawahnya terdapat dua kepengurusan lagi yaitu : Pengda (Pengurus Daerah) untuk tingkat provinsi dan Pengcab (Pengurus Cabang) untuk tingkat Kota/Kabupaten.

Kantor pusat PBSI berada di kota Jakarta. Tepatnya di Jalan Pelatnas PBSI Kel. Cipayung Kec. Cipayung Jakarta Timur – 13840, Indonesia.

Demikian pembahasan Kita tentang sejarah bulu tangkis, perkembangan di Dunia dan Indonesia beserta induk organisasinya. Semoga banyak manfaat yang Anda peroleh pada artikel kami kali ini. Terimakasih

Kepoin yukk!!