Sejarah Permainan Sepak Bola di Dunia

Sejarah Sepak Bola – Permainan sepak bola pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dapat melakukan permainan ini. Tetapi tahukan anda sejarah asal mula sepak bola yang ada sekarang ini?

Pada artikel kami kali ini akan sedikit membahas tentang sejarah sepak bola, baik yang ada di dunia dan juga Indonesia. Artikel ini dibuat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kami terhadap olahraga sepak bola. Semoga juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang olahraga.

Baiklah tak usah berlama-lama mari kita simak dengan baik ulasan di bawah berikut ini :

Pengertian Sepak Bola

sejarah sepak bola
pixabay.com

Dari penulisannya Sepak bola terdiri dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Kata “Sepak” dapat disebut menyepak yang mempunyai arti menendang (menggunakan kaki). Sedangkan kata “Bola” adalah alat untuk permainan yang berbentuk bulat dan terbuat dari kulit, karet, atau dari bahan yang lainnya.

Secara singkatnya pengertian sepak bola adalah permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kesana kemari. Dilakukan oleh beberapa pemain dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukkan bola ke dalam gawang.

Permainan sepak bola ini merupakan permainan yang dimainkan dalam bentuk regu, setiap regu terdiri dari 11 pemain. Dari 11 pemain inti ada 1 orang pemain yang bertugas menjaga gawang dan setiap regu juga mempunyai beberapa pemain cadangan.

Dilakukan dalam 2 babak yang masing-masing dengan waktu 45 menit. Permainan sepak bola mempunyai tujuan untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan, dan berusaha menjaga gawang tim sendiri supaya tidak kemasukan bola.

Waktu istirahat diantara 2 babak tersebut terjadi selama 10 menit. Jika dalam 2 babak itu skor kedua tim masih seri atau imbang maka akan diadakan penambahan waktu 2 x 15 menit. Apabila dalam 2 x 15 menit tambahan waktu tersebut masih diakhiri dengan skor imbang maka akan terjadi adu penalti. Setiap tim akan diberi kesempatan sebanyak lima kali untuk melakukan tendangan penalti.

Sejarah Sepak Bola Dunia

sejarah sepak bola
panditfootball.com

Sejarah sepak bola sebagai olahraga yang telah digemari sejak abad ke-2 M sampai abad ke-3 M di China. Pada masa Dinasti Han, masyarakat cina menggiring bola kulit dan memasukkannya ke dalam jaring kecil yang disebut dengan Tsu Chu.

Pada abad ke-16 permainan sepak bola juga digemari di negara Italia. Setelah itu permainan sepak bola banyak ditemukan di berbagai negara seperti Inggris, Meksiko, Romawi, Amerika Tengah sampai Romawi Kuno.

Tetapi saat sepak bola sampai ke Inggris pada tahun 1365, Raja Edward III melarang permainan ini. Hal tersebut dikarenakan dalam permainan sepak bola dianggap terjadi banyak kekerasan dan tindakan yang brutal.

Namun pada tahun 1380 Raja Edward III mengizinkan kembali permainan sepak bola. Tapi tidak ada perubahan dalam permainan sepak bola tetap penuh dengan kekerasan dan tindakan brutal.

Hingga pada tahun 1572 Ratu Elizabeth I kembali melarang permainan sepak bola tanpa ada kompromi. Larangan itu disertai sanksi tegas kepada orang yang masih melakukan permainan sepak bola, dengan memenjarakan orang tersebut.

Pada akhirnya Raja Charless II mencabut larangan untuk tidak melakukan permainan sepak bola di tahun 1680. Berikut adalah sejarah sepak bola modern berdasarkan tahun :

  • Tahun 1863 telah dibentuk asosiasi sepak bola Inggris.
  • Tahun 1885 terdapat pertandingan sepak bola di luar wilayah Inggris, yaitu Kanada bertanding melawan Amerika.
  • Tahun 1886 diadakan rapat pertemuan untuk pertama kali yang membahas tentang dibentuknya kelompok asosiasi sepak bola dunia.
  • Tahun 1888 Mulai terdapat wasit menjadi pemegang penuh pertandingan sepak bola.
  • Lalu pada tahun 1904, dibentuk Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) di Perancis beranggotakan 6 negara.

Sejarah Induk Organisasi Sepak Bola Dunia

sejarah sepak bola
historicalwarfare.com

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) merupakan Induk organisasi sepak bola Internasional, didirikan di Perancis pada tahun 1904. FIFA mempunyai slogan “For The Game For The World”. FIFA juga mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar bergengsi kepada pemain terbaik dunia. Serta menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya.

Sampai saat ini terdapat 209 negara di dunia yang tergabung dalam FIFA. Markas Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) berada di Zurich, Swiss. Kompetisi yang paling penting diadakan oleh FIFA yaitu pertandingan sepak bola seluruh dunia, atau biasa kita sebut dengan piala dunia.

FIFA memperlebar sayapnya dengan mendirikan beberapa badan Asosiasi regional yang ada di beberapa negara yaitu :

  • Union of European Football Associations (UEFA) di tahun 1954 dengan 53 anggota dari Benua Eropa.
  • Confederation Africaine de Football (CAF) di tahun 1957 beranggotakan 55 yang menaungi negara-negara Afrika.
  • Asian Football Confederation (AFC) didirikan pada tahun 1954 dengan 46 anggota yang menaungi negara-negara Asia.
  • Confederación Sudamericana de Fútbol (CONMEBOL) didirikan pada tahun 1916 dengan 10 anggota yang menaungi negara-negara Amerika Selatan.
  • Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football (CONCACAF). Didirikan di tahun1961 dan mempunyai 40 anggota yang menaungi Amerika Utara, Tengah, Karibia.
  • Oceania Football Confederation (OFC) didirikan di tahun 1966 11 anggota + 6 rekan yang menaungi negara-negara di Oseania.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

sejarah sepak bola
pixabay.com

Perkembangan sepak bola di Indonesia tidak terlepas dari pedagang yang datang dari China. Kedatangan mereka tidak hanya berdagang, namun juga menyebar luaskan sepak bola pada masyarakat Indonesia.

Sudah tercatat yaitu pada tahun 1915 sudah banyak terdapat club sepak bola yang didirikan oleh warga Tiong Hoa. Pada tahun 1920 club sepak bola seperti UMS Jakarta dan Surabaya yang menjadi club paling hebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda.

Peristiwa yang tidak kalah penting dalam sejarah sepak bola Indonesia adalah, pada tanggal 19 April 1930 didirikannya Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Merupakan organisasi yang bertugas menaungi dan mengatur club sepak bola yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Sejarah Bola Voli , Sejarah Bola Basket.

Peraturan Dalam Permainan Sepak Bola

Pada olahraga sepak bola juga mempunyai beberapa aturan. Peraturan dalam permainan sepak bola diresmikan oleh International Football Association Board (IFAB). Terdiri atas Satu perwakilan asosiasi sepak bola Skotlandia, Asosiasi sepak bola Irlandia, asosiasi sepak bola Wales, The Football Association, dan empat wakil dari FIFA.

Banyak beberapa poin peraturan hasil peresmian tersebut yaitu :

  • Lapangan Sepak Bola
  • Bola
  • Pemain Sepak Bola
  • Perlengkapan Permainan Sepak Bola
  • Wasit
  • Asisten Wasit (Lines Man)
  • Waktu Pertandingan
  • Kick Off
  • Bola Keluar (Out Ball)
  • Peraturan Gol
  • Offside dan Onside
  • Lemparan Kedalam (Throw in)
  • Tendangan Gawang
  • Tendangan Sudut (Corner Kick)
  • Peraturan Pergantian Pemain
  • Pelanggaran dan Hukumannya
  • Tendangan Bebas (Free Kick)
  • Tendangan Penalti

Itulah tadi sejarah sepak bola dunia maupun sejarah sepak bola Indonesia. Kalau kita lihat, perjalanan sepak bola memang menempuh jalan yang sangat panjang. Pada permainan sepak bola juga terdapat banyak peraturan yang harus dipatuhi oleh para pemain agar tidak merugikan tim sendiri.

Mari lestarikan sepak bola dan dukung terus tim sepak bola nasional Indonesia, untuk menambah rasa nasionalisme dalam diri kita. Sampai jumpa , salam sportmania !!

Kepoin yukk!!