posisi memukul

11+ Teknik Dasar Bulu Tangkis Untuk Pemula Lengkap Dengan Penjelasannya

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Bulu tangkis atau badminton adalah merupakan salah satu cabang olahraga terpopuler di dunia, khususnya di Benua Asia. Di Indonesia juga telah banyak melahirkan atlet bersinar bahkan sampai menjadi legenda bulu tangkis dunia.

Permainan bulu tangkis menjadi permainan yang banyak diminati karena selain dapat diperlombakan, permainan ini juga dapat untuk sekedar berolahraga ketika ada waktu luang.

Cabang olahraga bulu tangkis ini menggunakan raket dan shuttlecocks sebagai alat utama, dimainkan oleh dua orang untuk permainan tunggal dan empat orang (dua pasang) untuk permainan ganda. Olahraga ini mempunyai 5 model permainan yaitu, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Banyak orang melakukan olahraga bulu tangkis dengan tujuan hanya untuk olahraga ringan setelah seminggu bekerja, tanpa harus memahami teknik dasar bulu tangkis mereka bisa langsung bermain asal mempunyai raket dan shuttlecocks.

Sedangkan untuk anda yang ingin bermain bulu tangkis dengan tujuan menjadi seorang atlet profesional serta ikut pertandingan, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang teknik dasar bulu tangkis.

Artikel saya kali ini akan mengulas tentang Sejarah Penemuan Bulu Tangkis, pengertian dan teknik dasar permainan bulu tangkis yang harus anda simak.

Sejarah dan Pengertian Bulu Tangkis

sejarah bulu tangkis

sumber : perpustakaan.id

Bulu tangkis secara harfiah berasal dari dua kata yakni bulu dan tangkis. Kata “bulu” diambil dari wujud shuttlecock yang terbuat dari bulu angsa. Sedangkan kata “tangkis” diambil dari kata dasar menangkis, yaitu inti gerakan dari permainan cabang olahraga ini adalah menangkis pergerakan dari shuttlecock (bulu) tersebut.

Perihal awal mula dan asal permainan bulu tangkis ini muncul berbagai pendapat. Pendapat yang pertama mengatakan bahwa permainan ini berasal dan berkembang di Mesir kuno 2000 tahun lalu. Pendapat yang lainnya mengatakan permainan ini berasal dari India dan daratan Tiongkok.

Namun berkembangnya permainan ini sampai akhirnya dikenal luas oleh masyarakat dunia adalah pada abad pertengahan di Inggris, yaitu dari permainan tradisional anak-anak setempat yang bernama battledore dan shuttlecocks.

Sampai akhirnya sebuah majalah bernama “Punch” mempublikasikan permainan tradisional ini karena sangat populer di kalangan masyarakat.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

shuttlecoocks

sumber : topskor.id

Dalam awal karir seorang pemain bulu tangkis di tingkat apapun, harus menjalani dan melalui masa pembinaan terlebih dahulu. Baru setelah seorang pemain sudah dianggap layak oleh pelatih atau instansi yang membina mereka, maka pemain tersebut akan segera diterjunkan langsung ke lapangan.

Dalam permainan bulu tangkis terdapat banyak teknik yang harus dimengerti dan dikuasai oleh setiap pemain. Hal tersebut nantinya sebagai modal dasar atau awal untuk menjadi pemain bulu tangkis yang profesional. Adapun teknik-teknik yang tersebut di atas adalah sebagai berikut.

Cara Memegang Raket (Grip)

teknik memegang raket

sumber : diedit.com

Teknik dasar bulu tangkis pertama yang harus dikuasai pemain yaitu teknik untuk memegang raket, nantinya teknik memegang raket ini sangat berpengaruh terhadap kualitas pukulan yang anda hasilkan.

Agar bisa melanjutkan ke teknik dasar permainan bulu tangkis berikutnya, seorang pemula harus benar-benar menguasai teknik memegang raket terlebih dahulu.

Ada 2 macam teknik cara memegang raket,yaitu sebagai berikut :

Teknik Forehand

Teknik pegangan atau grip yang umum dan populer digunakan oleh para pemain bulu tangkis, yaitu teknik forehand grip. Teknik ini dapat dilakukan menggunakan tangan kiri atau kanan. Detail cara memegang raket teknik forehand grip yaitu :

  1. Posisi dari kepala raket menyamping.
  2. Pegang raket seperti saat kita berjabat tangan dengan orang lain.
  3. Antara ibu jari dan jari telunjuk terdapat jarak yang menghasilkan bentuk seperti huruf V.

Pada teknik seperti ini biasanya para pemain akan dapat melakukan pukulan secara lebih mudah, khususnya pada bagian sebelah kanan dari tubuh. Keuntungan lainnya lagi adalah, pemain tidak perlu repot dalam memutar pegangan raket saat akan melakukan pukulan forehand.

Namun cara pegangan forehand ini juga memiliki kelemahan yaitu, tipe pegangan ini akan mempersulit pemain ketika hendak melakukan pengembalian shuttlecocks tepat di depan net.

Teknik Backhand

Cara memegang raket yang kedua teknik backhand grip juga bisa dilakukan tangan kiri atau kanan. Pada dasarnya teknik ini hampir sama dengan cara memegang raket teknik forehand grip, hanya ada sedikit perbedaan pada posisi ibu jari dan jari telunjuk lebih dekat. Detail cara memegang raket teknik backhand grip yaitu :

  1. Posisi pada kepala raket menyamping.
  2. Ibu jari sedikit terpisah dengan keempat jari lainnya.

Salah satu keuntungan bagi pemain yang menggunakan teknik backhand grip ini adalah. Ketika pemain memukul shuttlecocks  arahnya akan sulit diduga oleh lawan, selain sulit diduga cocks yang dipukul dengan teknik pegangan ini juga akan melesat keras dan cepat.

Pukulan

pukulan bulu tangkis

sumber : bcdijon.com

Jenis pukulan yang umum digunakan dalam olahraga bulu tangkis adalah dengan teknik forehand. Teknik ini dilakukan dengan cara mengayunkan badan dari belakang menuju ke arah depan raket. Dengan posisi telapak tangan menghadap ke shuttlecock yang hendak di pukul. Detail cara memukul dengan teknik forehand yaitu :

  1. Pegang raket dengan teknik forehand grip.
  2. Posisi kaki kanan dan kiri menyilang dengan kaki kiri di depan.
  3. Posisi badan miring ke sebelah kanan.
  4. Pukul shuttlecocks sambil menggerakkan bahu ke depan.
  5. Biarkan tangan bergerak terus ke bawah.
  6. Jika yang anda lakukan adalah pukulan clear maka pukul shuttlecocks sekeras mungkin.

Gerakan Kaki (Footwork)

footwork teknik bulu tangkis

sumber : olahragapedia.com

Dalam permainan bulu tangkis, kelincahan harus dimiliki oleh para pemainnya, karena kelincahan merupakan teknik dasar bulu tangkis. Bukan hanya kelincahan tangan yang memukul saja tetapi juga seluruh anggota badan terutama pergerakan kaki.

Harus terjadi keharmonisan ketika kita melakukan pergerakan tangan, badan dan kaki. Tidak hanya untuk serangan, tetapi kerjasama antara anggota-anggota tubuh ini juga untuk bertahan ketika lawan melakukan serangan.

Sikap dan Penempatan Posisi Badan

penempatan posisi badan

sumber : tehiis.com

Tidak hanya kelincahan yang dibutuhkan seorang pemain bulu tangkis tetapi mereka juga harus menguasai keseimbangan.

Teknik dasar bulu tangkis ini banyak dipandang sebelah mata oleh para pemain bulu tangkis yang masih awam. Akan tetapi bagi seorang pemain badminton profesional, mereka paham betapa pentingnya keseimbangan dalam permainan.

Bukti dari pentingnya unsur keseimbangan dalam permainan bulu tangkis dapat kita lihat pada pertandingan bulu tangkis profesional.

Karena keseimbangan pemain yang tidak baik, sering kali menunjukkan kurang maksimalnya pukulan mereka atau bahkan gagal menghasilkan pukulan.

Agar memiliki keseimbangan yang baik, beberapa yang harus dilakukan adalah :

  • Posisikan berat tubuh anda bertumpu pada kedua kaki kanan dan kiri, berlaku baik pada saat bertahan atau menyerang.
  • Tekuk atau bengkokkan kedua lutut, lalu berdiri dengan ujung kaki sampai pinggang berada pada posisi tegak.
  • Buka kedua kaki selebar bahu, dengan posisi sejajar atau salah satu kaki berada di depan.
  • Agar tangan yang memegang raket dapat bebas bergerak, maka lengan yang tidak memegang raket posisikan disebelah badan.

Posisi Badan Ketika Memukul (Hitting Position)

posisi memukul

sumber : breakingnews.co.id

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya yaitu cara memposisikan badan kita ketika memukul(hitting position). Setelah melakukan pukulan dengan sekuat tenaga namun hasil pukulannya tidak maksimal, mungkin posisi anda pada saat memukul kurang tepat. Karena teknik posisi badan pada saat memukul ini juga sangat mempengaruhi hasil dan kualitas pukulan.

Berikut ini teknik posisi badan ketika memukul :

  • Posisi badan diusahakan menyamping ke arah net.
  • Kaki sebelah kiri berada di depan kaki kanan.

Service

service bulu tangkis

sumber : youtube.com

Setelah mengerti cara memegang raket, cara memukul shuttlecocks, teknik gerakan kaki dan posisi penempatan posisi badan. Teknik service dalam permainan bulu tangkis juga harus anda pelajari jika ingin menjadi pemain profesional. Hal tersebut juga termasuk dalam Peraturan Permainan Bulu Tangkis serta teknik dasar bulu tangkis yang wajib di ketahui.

Teknik ini dilakukan dengan cara mengarahkan shuttlecocks ke kiri, kanan, depan atau belakang pemain lawan. Anda harus menghindari service dengan posisi shuttlecocks yang tanggung tepat berada di depan pemain lawan. Karena dengan begitu lawan pasti akan mudah mengembalikan service dari kita serta mematikan pergerakan kita.

Teknik service dalam permainan bulu tangkis ada 3 macam yaitu :

Forehand Pendek

Service dengan teknik forhand pendek adalah melakukan service menggunakan ayunan pada raket dengan sedikit tenaga. Ketika melakukan teknik service macam ini pastikan posisi anda tidak terlalu dekat dengan net. Dengan tujuan posisi jatuhnya shuttlecocks berada di area depan pemain lawan dan tidak tanggung.

Forehand Tinggi

service forehand

sumber : syuella.blogspot.com

Teknik ini dilakukan hampir sama dengan teknik forehand pendek. Hanya saja teknik forehand tinggi dilakukan menggunakan ayunan raket dengan tenaga penuh ke arah atas. Hal ini mengakibatkan posisi jatuhnya shuttlecocks akan berada sangat jauh dari net.

Ketika melakukan jenis service semacam ini anda harus memperkokoh posisi badan dalam berdiri. Yaitu dengan membuka kedua kaki selebar pinggang kaki, dan posisikan badan anda sedikit menyamping.

Tujuan dari teknik ini adalah supaya pergerakan shuttlecocks akan melambung tinggi melewati tubuh pemain lawan. Kemudian jatuh di area belakang pemain lawan.

Biasanya teknik ini dilakukan saat pemain mulai lelah dan sedang bertahan. Karena dengan teknik ini pemain lebih mudah memperkirakan kemana arah pengembalian service dari pemain lawan.

Backhand Service

service backhand bulu tangkis

sumber : dafinfebiops.wordpress.com

Sedikit berbeda dengan dua teknik sebelumnya, teknik backhand dalam service dilakukan dengan menggunakan ayunan raket dan tenaga yang sedang saja.

Posisi kaki harus disesuaikan dengan tangan mana yang memegang raket. Jika yang memegang raket tangan kanan maka posisi kaki kanan di depan. Lalu kaki kiri berada di belakang dengan tumit sedikit diangkat (menjinjit).

Ada beberapa Peraturan dalam Permainan Bulu Tangkis yang harus dipahami oleh pemain ketika service agar tidak melakukan kesalahan. Hal tersebut akan saya jelaskan pada artikel yang selanjutnya.

Pengembalian Service

pengembalian service bulu tangkis

sumber : dimasfan.com

Bukan teknik melakukan service saja tapi anda juga harus menguasai teknik pengembalian service itu sendiri. Pada teknik dasar bulu tangkis ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dropshot dan netting. Selain itu anda juga harus menguasai Ukuran Lapangan Bulu Tangkis agar dapat mengarahkan bola tidak sampai keluar lapangan.

Gerakan smash adalah gerakan yang paling dihindari pada teknik pengembalian service ini. Karena pergerakan shuttlecocks pada saat service tidak terlalu kuat. Maka sudah dipastikan pukulan smash yang kita lakukan juga kurang/tidak tajam.

Overhead

teknik overhead pada bulu tangkis

sumber : master-bulutangkis.blogspot.com

Teknik overhead ini dilakukan ketika shuttlecocks dari lawan mengarah ke belakang posisi tubuh kita. Cara melakukan teknik ini yaitu memukul dengan kuat shuttlecocks seperti halnya melempar, pegang raket dengan teknik forehand.

Teknik pukulan overhead ini juga disebut dengan istilah pukulan di atas kepala,

Teknik Smash

teknik smash

sumber : perpustakaan.id

Pada olahraga bulu tangkis smash merupakan suatu teknik pukulan yang bersifat menyerang. Serta bertujuan agar mematikan pergerakan lawan serta mendapatkan poin.

Pukulan smash terbaik akan terjadi jika anda melakukannya dengan lompatan yang tinggi. Karena pada posisi tersebut anda bisa mendapatkan posisi pukulan smash yang paling sempurna.

Jika anda ingin mendapatkan pergerakan shuttlecocks yang sangat tajam. Maka pukulan smash yang anda lakukan harus dengan penuh tenaga dan mengarahkan shuttlecocks ke bawah area lawan.

Teknik Drive

teknik pukulan drive pada bulu tangkis

sumber : walpaperhd99.blogspot.com

Dalam permainan bulu tangkis, teknik drive ini lebih banyak digunakan pada permainan ganda. Pengertian dari pukulan teknik drive adalah sebuah pukulan yang cepat dan mendatar.

Pemakaian teknik tersebut bertujuan untuk menghindari serangan lawan maupun sebaliknya. Memancing lawan supaya terpojok dan mengangkat shuttlecocks lalu membuatnya pada posisi bertahan.

Pukulan drive membutuhkan kekuatan pergelangan tangan karena pegangan raket sangat cepat berpindah pada teknik ini. Bukan hanya itu, kekuatan bahu juga diperlukan ketika memukul shuttlecocks.

Untuk melatih teknik drive ini bisa dengan cara banyak-banyak mengayunkan raket yang bobotnya lebih berat. Hal tersebut diperlukan agar kekuatan pergelangan tangan dapat dilatih dengan baik.

Teknik Dropshot

teknik dropshot

sumber : afifbenzumaen.com

Teknik dropshot juga merupakan teknik dasar bulu tangkis yang harus anda kuasai, jika anda ingin menjadi pemain profesional. Teknik ini hampir sama seperti teknik smash, yaitu gerakan menyerang yang ditujukan untuk mematikan pergerakan lawan. Hanya saja pukulan ini dilakukan dengan lebih halus atau sedikit tenaga dan dorongan.

Gerakan dropshot biasa dilakukan untuk mengecoh lawan, dengan pemain melompat tinggi seakan akan melakukan smash tapi sebenarnya hanya melakukan dropshot.

Dropshot yang sangat lembut dan menjatuhkan shuttlecocks tidak jauh dari net, akan mematikan pergerakan lawan. Tetapi dalam melakukan pukulan dropshot ini terdapat kesulitan tersendiri jika dibandingkan dengan pukulan smash.

Untuk mendapatkan pukulan dropshot yang anda inginkan. Terdapat beberapa faktor yang saling berhubungan satu dengan lain yang perlu anda perhatikan.

Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :

  • Posisi badan.
  • Teknik memegang raket.
  • Pergerakan kaki (footwork).
  • Perpindahan berat badan yang bergerak beriringan.

Berikut ini langkah-langkah melakukan teknik dropshot yang benar :

  • Pegang raket dengan menggunakan teknik forehand grip.
  • Posisi badan menyamping kearah bahu.
  • Pergerakan kaki harus lincah sampai badan berada di belakang shuttlecocks.
  • Pukullah shuttlecocks dengan tangan lurus lakukan seperti gerakan akan melakukan smash, tetapi berikan sedikit dorongan dan sentuhan agar jatuhnya bisa tajam di depan net lawan.
  •  Arahkan shuttlecocks ke daerah lawan yang sekiranya tidak dapat dijangkau.

Netting

Hasil gambar untuk servis bulutangkis

sumber : galena.co.id

Teknik netting adalah merupakan gerakan yang cukup sulit dalam olahraga bulu tangkis. Bahkan kita sering melihat di pertandingan nasional maupun internasional, pemain kelas duniapun tidak menjamin ia selalu berhasil melakukan teknik ini.

Hal ini dikarenakan gerakan netting membutuhkan perasaan yang tinggi serta ketepatan arah penempatann shuttlecocks. 

Cara melakukan teknik netting ini adalah dengan melakukan pukulan pelan pada shuttlecocks. Kemudian mengarahkan posisi jatuhnya sedekat mungkin dengan net.

Teknik dasar bulu tangkis akan sangat membantu mempermudah pemain untuk memperoleh kemenangan. Untuk itu, teknik dasar ini tidak boleh disepelekan. Pelajarilah satu persatu teknik dasar dengan baik dan benar. Dengan mengetahui teknik dasarnya, maka bisa saja anda akan mampu menjadi pemain bulu tangkis yang hebat nantinya.

Semoga ulasan teknik dasar bulu tangkis yang saya sajikan ini dapat bermanfaat dan mempermudah anda dalam mempelajarinya. Terimakasih

Kepoin yukk!!