ukuran lapangan bulu tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Sesuai Standar Internasional BWF

Ukuran lapangan bulu tangkis – Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di dunia. Di Indonesia juga terlihat banyak sekali pemain yang sering menjuarai pertandingan bulu tangkis di skala internasional.

Pemain tersebut yaitu Liem Swie King, Susi Susanti, Taufik Hidayat, hingga pemain ganda yang baru saja mencetak rekor kemenangan super series tahun lalu, Markus Gideon dengan Kevin Sanjaya Soekamuljo.

Permainan bulu tangkis atau bisa juga disebut badminton, adalah salah satu permainan olahraga yang membutuhkan raket dan shuttlecock untuk memainkannya. Olahraga ini dapat dilakukan secara tunggal maupun ganda.

Olahraga bulu tangkis memang mirip dengan olahraga tenis lapangan, tetapi olahraga bulu tangkis tidak menggunakan lapangan sebesar tenis. Dimainkan secara indoor dan lapangannya merupakan lapangan non-rumput. Raket dan bola yang digunakannyapun juga berbeda dengan tenis.

Gerakan dari tenis dan bulu tangkis memang hampir sama yaitu, menangkis dan memukul bola ke arah permainan lawan agar mendapatkan poin kemenangan.

Dalam artikel mistertoyyib kali ini akan sedikit mengulas mengenai, ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai standard nasional maupun internasional.

Manfaat Olahraga Bulu Tangkis

ukuran lapangan bulu tangkis

herworld.co.id

Sebelum kita membahas mengenai ukuran lapangan bulu tangkis, ada baiknya kalau kita mengerti terlebih dahulu sedikit tentang manfaat bulu tangkis.

Selain menyenangkan, olahraga bulu tangkis ini juga mempunyai banyak manfaat. Jika anda rutin melakukan olahraga bulu tangkis maka anda akan mendapatkan beberapa manfaatnya yaitu.

Mencegah Obesitas

Semua orang pasti tidak ingin mempunyai kelebihan berat badan atau obesitas. Olahraga bulu tangkis ini dapat sebagai pilihan anda agar terhindar dari yang namanya obesitas. Karena pada saat kita berolahraga maka kolesterol yang berlebihan dalam tubuh kita akan teredusi, dan akan meningkatkan kolesterol yang baik. Jadi kita dapat melakukan olahraga ini setiap akhir pekan selain menyenangkan juga menyehatkan.

Meningkatkan Kekuatan Kaki

Walaupun olahraga bulu tangkis tidak seberat olahraga sepak bola. Tapi kita juga dituntut untuk berlari kesana kesini untuk mengembalikan bola yang diberikan lawan. Gerakan lari dari kanan ke kiri, ke depan dan ke belakang. Serta melompat saat melakukan jump smash tentu akan menambah kekuatan otot yang ada pada kaki kita.

Membentuk Postur Tubuh Menjadi Ideal

Gerakan melompat, berlari, dan melangkah panjang dalam olahraga bulu tangkis dapat membuat otot kaki mengencang sepenuhnya. Hal tersebut yang akan memicu pertumbuhan badan kita secara alami. Kita juga dapat menambah tinggi badan dengan rutin bermain bulu tangkis. Dengan begitu akan membentuk postur tubuh kita menjadi ideal.

Menghilangkan Stress

Menurut para ahli, olahraga bulu tangkis dapat menimbulkan rasa nyaman bagi pelakunya. Tentu saja hal itu bermanfaat untuk siapa saja yang ingin menghilangkan stress, depresi dan rasa cemas berkepanjangan. Anda juga bisa menambah fokus dan konsentrasi anda ketika bermain olahraga yang menyenangkan ini.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

ukuran lapangan bulu tangkis

informazone.com

Cabang olahraga bulu tangkis banyak diperlombakan diskala nasional dan internasional. Ada kejuaraan regional seperti Sea Games dan Asian Games. Bahkan ada juga skala internasional yang lebih bergengsi, seperti pertandingan All England, Kejuaraan Dunia atau bahkan Olimpiade yang diselenggarakan 4 tahun sekali.

Kalau memang Anda penggemar dan hobi dengan olahraga yang satu ini. Maka ada baiknya lagi anda mengetahui berapa ukuran lapangan bulu tangkis yang sebenarnya.

Ukuran lapangan bulu tangkis sesuai standard permainan telah ditetapkan oleh BWF. BWF sendiri merupakan induk organisasi olahraga bulu tangkis Internasional atau Badminton World Federation.

Di Indonesia induk organisasi bulu tangkis bernama PBSI atau Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia.

Lapangan bulu tangkis biasanya menggunakan warna hijau dengan garis putih. Terdapat 6 garis vertikal serta 7 garis horizontal dengan detail ukuran lapangannya sebagai berikut :

  • Panjang lapangan badminton : 13,4 meter.
  • Lebar Lapangan badminton : 6,1 meter.
  • Jarak antara garis net sampai garis batas service : 1,98 meter.
  • Jarak antara garis service tengah dengan garis samping lapangan : 3,05 meter.
  • Jarak antara garis service belakang, dengan garis belakang lapangan pada permainan ganda : 0,76 meter.
  • Jarak anatar garis samping dengan garis pinggir lapangan pada permainan tunggal : 0,46 meter.
  • Tinggi tiang jaring net : 1,55 meter, dengan tinggi net juga sama 1,55 meter.

Ukuran lapangan pada nomor ganda dan tunggal jelas saja berbeda. Berikut ini ukuran lapangan bulu tangkis pada nomor tunggal putra atau putri menurut BWF :

ukuran lapangan bulu tangkis

kitchensetidaman.com

  • Panjang lapangan bulu tangkis : 13,4 meter.
  • Lebar lapangan bulu tangkis : 5,18 meter.
  • Lebar lapangan penerima service : 2,59 meter.

Sedangkan Ukuran lapangan bulu tangkis standard BWF pada nomor ganda putra, putri, atau campuran adalah sebagai berikut :

  • Panjang lapangan bulu tangkis : 13,40 meter.
  • Lebar lapangan bulu tangkis : 6,1 meter.
  • Panjang dari lapangan pemain penerima service : 3,96 meter.
  • Lebar dari lapangan pemain penerima service : 3,05 meter.

Kelengkapan dalam Permainan Bulu Tangkis

ukuran lapangan bulu tangkis

nerada.wordpress.com

Ukuran-ukuran tersebut sesuai dengan standard internasional. Sehingga saat ada pertandingan dan kompetisi di manapun di dalam maupun di luar negeri. Ukuran lapangan, garis, tinggi net pasti akan tetap sama.

Segala kelengkapan dalam permainan bulu tangkis juga telah disesuaikan dengan standard dari BWF. Seperti raket, shuttlecock dan jaring net dalam permainan tersebut.

Pemain Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis, beberapa pemainnya dibedakan menjadi lima nomor. Yaitu nomor tunggal putri, tunggal putra, ganda putra, ganda putri serta ganda campuran.

Jaring Net

Tiang net pada permainan olahraga bulu tangkis dipasang tepat pada tengah ujung garis samping lapangan bulu tangkis. Net ini terbuat dari tali halus berwarna gelap. Sudah dijelaskan di atas bahwa tinggi tiang net yaitu 1,55 meter. Kemudian untuk lengkapnya ukuran net tersebut panjang net 6,1 meter, lebar net 0,75 meter. Puncak net paling atas diberi batasan putih selebar 7,5 cm.

Net merupakan kelengkapan permainan bulu tangkis yang juga sangat penting. Anda juga harus mengerti teknik dasar bulu tangkis agar dapat melakukan teknik netting dengan baik. Serta dapat melakukan smash keras ke area lapangan lawan dengan shuttlecock tidak menyangkut di net.

Shuttlecock

raket dan shuttlecock

familydanceoff.com

Shuttlecock pada umumnya terbuat dari bahan sintetis berupa gabus dan bulu angsa. Jumlah bulu angsa yang ditancapkan pada gabus adalah 16 bulu. Bulu tersebut memiliki panjang 62 – 70 mm. Secara keseluruhan berat shuttlecock sekitar 4,74 – 5,5 gram. Pada olahraga bulu tangkis, pemain dapat mengajukan pergantian shuttlecock kepada wasit ketika shuttlecock sudah tidak layak pakai.

Shuttlecock yang sudah tidak layak pasti akan membuat laju kecepatan shuttlecock semakin melambat. Maka dari itu pemain bulu tangkis dapat mengajukan beberapa kali pergantian shuttlecock.

Raket

Kelengkapan untuk bermain bulu tangkis yang terpenting selanjutnya yaitu raket. Terbuat dari bahan yang keras namun tidak kaku, misalnya besi atau fiber. Raket terdiri dari 5 bagian, yaitu pegangan, leher raket, batang raket, kepala raket serta bagian yang dipasang dengan senar.

Demikian artikel saya mengenai ukuran lapangan bulu tangkis sesuai standard yang perlu anda perhatikan. Semoga artikel ini banyak bermanfaat untuk anda yang membutuhkan. Selamat beraktivitas dan salam sport mania.!!

Kepoin yukk!!